Lewati ke konten utama
Hilmi Hanifah
Freelance Writer & College Student
Bertanya bulan lalu

Sebagai anak kos, apa aja sih kendala-kendala yang pernah dialamin saat mengatur uang sendirian?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Ajenk Rama
Content Writer & Author Books

Hai, beeebbbsss... 

Boleh dibilang jadi anak kosan super duper keren soalnya harus mandiri dan siap buat jauh dari orang tua. Kalau aku, dulu kendala yang dialamin saat mengatur uang adalah nggak bisa bagi pos keuangan antara beli buku kuliah sama pulsa. Soalnya dua2nya sama penting, makanya suka keteteran gitu. Jadi, aku suka jualan kecil2an di kampus buat nambahin uang saku. 

Belum lagi, kalau sakit, sebagian uang saku teralihkan buat berobat.  Uang makan juga mesti diirit2 biar pas balik ke rumah punya ongkos balik. Hahaha... Emang kudu, pinter2 bagi pos keuangan pas kuliah biar nggak habis sebelum waktunya.

Hai, Hilmi! Sebagai mantan anak kos dulu, hal yang susah diatur itu kalau lagi banyak kebutuhan buat bahan kuliah. Kaya beli buku atau bahan buat tugas. Biasanya si aku ngakalinnya kurangin uang makan, disisihin buat beli buku. Milih makan yang murah kaya di kantin sama warteg yang penting enak. Sama godaan awal bulan si, pasti bawaanya pingin hedon aja pingin jalan-jalan. Eh tau-tau ntar pas di akhir bulan malah ngirit banget haha.

Sebagai mantan anak kos yang ngekos dari SMA selama bertahun-tahun (cie)

Biar operasional harian tetap ada dan tersedia, jadi harus diirit-irit.

Bahkan, buat beli barang-barang tertentu mikirnya sampai berulang kali.

Kalau aku dulu kendalanya kalau ada tugas atau project dadakan, yang kalau dihitung-hitung memakan biaya. Jadinya harus rela buat menunda kesenangan dulu, deh.