Lewati ke konten utama
Pertanyaan
Banting Setir
Rizka Fauzia Ohorella
Analis QA/QC & side job seeker
Bertanya 2 tahun yang lalu

Pernahkah kamu menyesali mengambil jurusan kuliah yang saat ini kamu jalani? Lalu apa langkah yang kamu ambil?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Ajenk Rama
Content Writer & Author Books

Hi, Rizka... 

Awalnya, sempat menyesal karena ngambil jurusan itu dan ngabisin waktu belajar sampe lulus di jurusan itu, tapi sekarang udah nggak ada rasa menyesal karena dari jurusan kuliah aku justru banyak belajar banyak hal yang nggak diketahui oleh orang lain dan aku jadi bersyukur pernah belajar ilmu itu meski kerjaan yang aku jalani nggak selinier sama jurusan sekarang.

PERNAH.

Bahkan dulu ketika semester 1 aku udah berniat ikut SBM lagi buat pindah jurusan. Sebenernya jurusan yang aku jalanin ga jauh-jauh banget dari passionku, bahkan jadi pilihan kedua di SNMPTN. Tapiii, tapi aku tetep kepikiran pengen pindah jurusan karena aku so fucking ambitious 'bout my first choice.

Dengan segala kebimbangan yang terjadi, akhirnya saat itu aku minta pendapat ke beberapa orang, termasuk dosen PA. Dosen PA-ku saat itu menyarankanku untuk mengurungkan niat pindah jurusan. Menurut beliau, aku belum tahu seperti apa kuliah di jurusanku (karena semester 1 & 2 aku hanya mendapat matkul umum yg mirip-mirip dengan materi SMA), jadi sangat gegabah jika membuat keputusan saat itu juga. 

Dan benar saja, ternyata lama kelamaan aku enjoy di jurusanku hihihi. Bahkan beberapa kali aku dipecaya menjadi wakil jurusanku untuk mengikuti lomba nasional. Dan sekarang aku sangat2 bersyukur karena tidak jadi mengikuti keinginan sesaatku dulu.

Kalau menyesal sih enggak, beb. Cuman aku sampai coba SBMPTN 3x (aku habisin jatah tesnya) untuk jurusan yang aku inginkan. Tapi semesta gak mendukung dan memang bukan rejekiku di sana. Jurusan kuliah yang pernah aku tempuh seru kok belajarnya.