Lewati ke konten utama
Pertanyaan
Curhat Kerja
Yanita Nurhasanah
Freelance writer
Bertanya tahun lalu

Pernah gak sih kamu diajakin gosip sama teman kantor yg aslinya racun banget? Terus, gimana caramu menghindarinya, Girls?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Pernah, beb. Kalau aku dengan mengalihkan pembicaraan, wkwk. Untungnya orang ini lumayan gampang buat dialihin pembicaraannya. Kalau enggak pas dia omongin gosipnya aku diam sih dan lebih cenderung mendengarkan aja. Soalnya risiko juga sih, kalau menimpali. 

Wah ini agak susah ya kak kalau ketemu orang toxic di lingkungan kerja wkw

Kalau aku sih berusaha untuk membuat pagar gitu loh istilahnya hahaha.. aku akan memagari diri aku sendiri dari orang-orang seperti itu biar nggak ikutan jadi toxic. Ya berusaha se profesional mungkin lah. Masa lagi kerja malah ngegosip. Apalagi kalau yang digosipin teman satu kantor kan ngga etis ya. Kerja bareng tapi di gosipin. 

Aku berusaha untuk mengurangi intensitas aku berbicara dengan orang toxic. Kalau nggak penting-penting bangetbya aku nggak may bicara sama dia. Sekalinya harus berbicara aku bakal bicara langsung tanpa ba bi bu. To the point adalah kunci. 

Berbicara to the point juga membantu banget loh.. dengan bicara to the point kita jadi nggak terlalu kebanyakan basa basi dan berujung jadi gosip. Karena yang aku amati gosip tuh awalnya ya dari basa-basi juga. 

Nah gimana kalau kita yang digosipin sama mereka? Nah kalau aku jeleknya aku bisa langsung marah dan nyolot ke dia. Tapi aku tau kalau tindakan ku pun nggak benar. Hanya saja aku masih susah untuk mengontrol emosi apalagi sama orang-orang toxic yang nyebeliinn banget. 

Ya pokoknya kalau satu lingkungan sama orang toxic itu kuncinya harur bener bener banyakin sabar. Sabar sesabar sabarnya. Apalagi kalau kita yang diomongin. Wah harus ekstra sabar bangett

Aku yakin jenis manusia kaya gini pasti ada dimana-mana ya, dan namanya juga racun kita kudu hati-hati banget buat deket-deket, ibaratnya racun beneran kalau kita tau itu racun ya udah cukup tau aja, tapi kalau ga tau? Itu yang bahaya. Gitu juga sama temen yang sifatnya racun, kalau kita tau dia memang karakternya seperti itu ya udah biarkan aja, kita cukup tau dan jaga jarak aja karna namanya masih satu lingkungan susah ya untuk bener-bener ngecut dari boundaries. Tapi kalau kita ga tau bahwa ni orang racun, nah kudu hati-hati karna bisa aja kita kebawa sama efek racunnya juga yang akhirnya bahaya buat kita, ada baiknya cari tau dulu karakter seseorang seperti apa sebelum berniat buat ngedeketin.

Pertanyaan Terkait

Status Pertanyaan

19 dilihat
3 pengikut
Bertanya tahun lalu
Telah dilihat bulan ini