Lewati ke konten utama
Pertanyaan
Working Mom
Girl We Can
Moderator
Membuat pertanyaan baru saja

Menurut kalian apa sih kelebihan seorang ibu yang bekerja?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Tini Agustin
Event Creator & Marcom

Ibu yang bekerja itu amazing!! hehe.... Kenapa? Karena dia bekerja hampir 24 jam. Mulai dari bangun subuh, bersihin rumah, siapin sarapan buat anak-anak yang sekolah sama suami, siapin baju buat suami dan seragam anak, abis itu siapin air panas untuk mandi sikecil (sebelum nanti dititip ke pengasuh), siapin perlengkapan si kecil dari mulai susu, botol sama cemilannya, mandiin si kecil. Sementara itu kita harus bisa ngerjain itu semua sambil dandan juga. Dan setelah semuanya selesai, cussss berangkat kerja. Mulai buka kerjaan kantor deh. Selesai ngantor, pulang kerja bawa si kecil. Kadang ga sempet ganti baju, soalnya harus siapin makan malem buat yang di rumah, sambil dengerin curhatan anak paling gede sama masalahnya di sekolah. Bersihin lagi cucian piring yang udah numpuk bekas siang tadi. Ajak main si kecil, sampai dia kelelahan dan ngantuk, trus kelonin sampe dia tidur. Fiuhhhhh... Jangan sedih, karena tengah malam kadang-kadang si kecil bangun buat ganti popok. 

Kelebihannya seorang wanita adalah dia bisa melakukan lebih dari satu pekerjaan, multi tasking gitu. Dan capenya ga berasa aja, kayak dikasih kekuatan super hahaha... Jadi seorang wanita yang sudah berumah tangga titelnya bisa banyak... ya jadi istri,  manager keuangan,  admin,  chef, house keeping, dan wanita karier. Gimana? dahsyat sekali kan menjadi seorang ibu yang bekerja diluar rumah... Tapi semuanya terjalani dengan seru kok... (curhat jadinya pengalaman pribadi)

Menurutku semua ibu itu keren. Baik yang bekerja maupun ibu rumah tangga. Yang membedakan adalah ibu yang bekerja sebagian waktu dan tenaganya dikerjakan untuk urusan kantor. Tapi pada dasarnya semua ibu itu bekerja seharian penuh. Keduanya punya kelebihan masing-masing. 

Menurutku kelebihan ibu yang bekerja adalah dia punya penghasilan sendiri. itu artinya dia bisa secara bebas menggunakan uang yang dia punya diluar kebutuhan rumah tangga dan anak. Uang itu juga bisa digunakan untuk jaga-jaga seandainya suami melakukan tindakan yang tidak menyenangkan dan ibu bisa memilih untuk pergi bersama anak daripada bertahan dalam suatu hubungan dengan orang yang toxic. 

Selain itu ibu yang bekerja juga menjadi contoh positif untuk anak. Karena seorang anak jadi bisa melihat ada kesetaraan dalam sebuah hubungan. Jadi anak tahu bahwa perempuan itu kerjaannya nggak cuma dirumah kok karena melihat ibunya juga memiliki karier yang cemerlang. Karena selama ini kultur masyarakat kita masih memandang bahwa posisi perempuan itu selalu dibawah laki-laki. Kultur kita selalu memandang bahwa yang ideal dalam rumah tangga itu adalah laki-laki yang bekerja dan perempuan dirumah untuk mengurus rumah tangga. Dengan anak melihat contoh nyata kalau ibunya bekerja dan memiliki karier cemerlang itu juga menjadi sebuah pelajaran secara tidak langsung bahwa begini loh contoh hubungan yang setara. Nggak melulu perempuan itu ada di posisi nomor dua. 

Aku coba share pendapatku disini ya. Memang sih saat ini masih belum mengalami jadi seorang ibu, tapi aku punya pandangan sendiri terkait sosok mereka. Apalagi jika kamu memiliki seorang ibu pekerja tentu tahu sendiri seperti apa.

Seorang ibu pekerja ini menurutku sih benar-benar wanita hebat dan super. Soalnya mereka harus bagi waktu antara keluarga dan pekerjaan supaya tetap seimbang. Ibu pekerja itu lebih disiplin tentang waktu, soalnya mereka harus benar-benar teliti dalam membagi tugasnya. Rasanya seorang ibu itu pasti selalu ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, tapi kadang-kadang tugas mereka sebagai seorang pekerja membuatnya merelakan sedikit waktu untuk menghabiskan waktu dengan pekerjaan.

Credit foto: yougov
Credit foto: yougov

Gak cuma itu, ibu yang bekerja juga punya tenaga yang ekstra. Bayangin aja, mereka harus bangun lebih pagi. Beresin rumah, nyiapin sarapan, ngurusin anak dan suami sampai akhirnya dia sendiri juga berangkat kerja. Di tempat kerja pun tugasnya udah numpuk nungguin buat diselesaikan. Kadang pas waktu istirahat makan siang tiba mereka malah milih buat jemput anak baru makan bareng. Luar biasa kan ibu pekerja itu?

Selain itu, ibu pekerja itu juga punya finansial yang mandiri. Soalnya mereka gak hanya bergantung sama pasangan. Enaknya sih kita dikasih uang jajan di luar jatah dari ayah, hehe. Walau memiliki penghasilan sendiri tapi ibu yang bekerja juga tetap menghargai apa yang suami mereka berikan lho, seperti ibuku pastinya. Jadi, kalau kamu berencana buat jadi wanita karier sekaligus seorang ibu dan istri maka bersiaplah mulai sekarang. Sebab profesi itu gak semudah yang kamu bayangkan.

Rizka Fauzia Ohorella
Analis QA/QC & side job seeker

Kelebihan ibu yang bekerja, menurutku, adalah energi dan semangat hidup. Bagaimana tidak? Membayangkan setelah lelah bekerja seharian di kantor dengan segala rutinitas dan drama, pulang ke rumah dihadapkan dengan piring kotor, kamar berantakan, anak yang perlu perhatian, dan yang pasti menjadi istri yang berbakti pada suami. Semua itu seperti nightmare bagiku yang belum berumah tangga.

Jika tak punya energi dan semangat hidup yang tinggi, seorang ibu tidak akan mampu menjalankan semua hal tersebut dalam satu waktu. Satu hari penuh. Mungkin ini juga alasan dibalik kurangnya me time seorang ibu, baik yang bekerja kantor ataupun tidak, sehingga badannya sudah tak terawat seperti jaman masih sendiri.

Sementara itu, menjadi seorang ibu pun tak mudah. Ibu adalah profesi yang tanggung jawab nya seumur hidup di hadapan Tuhan YME. Jika anak sakit, ibu yang harus mengupayakan segala hal untuk kesembuhan anaknya. Jika anak ada masalah, tak jarang seorang ibu yang terkena imbas amarah atau cacian dari sekitarnya. Keberhasilan seorang ibu bukan diukur dengan berapa banya penghargaan dari kantor yang didapatkan atau berapa banyak gaji yang masuk ke rekening setiap bulannya, tetapi dari seberapa hebat anaknya di sekolah dan seberapa tinggi cita-cita yang mampu diraih oleh sang anak.

Namun, saat melihat kenyataan bahwa beberapa teman kantorku adalah seorang ibu yang bekerja mengubah pemikiranku dan bisa memandang profesi tersebut menjadi semakin luar biasa. Bahkan nightmare yang pernah aku rasakan bisa menjadi impian saat aku berkeluarga kelak.

Wah kalo aku pribadi sih kagum banget ya sama sosok ibu yang bekerja. Bener deh pasti gaakan mudah ngejalanin itu semua. Kita yang sebagai orang yang masih single aja kadang suka kewalahan kan atur ini itu, gimana sosok ibu yang selain bekerja juga punya tanggung jawab akan anaknya di rumah.

Tapi meski keliatannya ga mudah dan memang tidak mudah menjalaninya, sebenarnya banyak hal positif bila menjadi sosok ibu yang bekerja. Seorang ibu yang bekerja itu pasti pinter mengatur waktu, dia pasti lebih disiplin, tau kapan waktunya untuk bekerja dan kapan untuk keluarga, terbiasa untuk mengatur waktunya sendiri karena punya banyak tanggung jawab. Kehidupamnya menjadi lebih seimbang antara mengurus anak dan tetap berinteraksi dengan teman-temannya yang mana ini perlu atau hal-hal seperti ini dibutuhkan oleh banyak orang, bisa ngobrol hal lain dan tidak melulu dihabiskan waktunya untuk mengurus anak. Lebih open minded, orang yang bekerja itu menurutku akan banyak bertemu dengan hal-hal baru dan bertemu dengan banyak orang dengan beragam karakter dan pemikiran, banyak berhadapan dengan beragam situasi dan bikin sosok ibu juga tidak mudah stres bahkan lebih bisa berpikir positif, karena sehari-harinya dia bertemu banyak hal yang pastinya menarik dibanding ibu yang tidak bekerja.

Terkadang bila sang ibu terus dirumah, apalagi sendirian, akan ada kemungkinan perasaan kesepian dan berjuang sendiri untuk mengurus sang anak, tentu sebagai manusia perlu waktu untuk diri kita sendiri, kita butuh yang namanya sosialisasi juga dengan orang lain, hal ini lah yang membuat ibu yang bekerja akan lebih bahagia, tidak mudah stres karena melakukan hal yang berulang terus menerus, apalagi untuk mereka yang baru menjadi ibu.

Sehingga, meski tidak mudah melakukannya, tapi seorang ibu yang bekerja sangat punya banyak kelebihan juga kok. Dan bukan berarti ibu yang tidak bekerja jadi memiliki kekurangan, itu semua kembali lagi ke pandangan dan pilihan dari masing-masing ibu, karena kebutuhan dan prioritas setiap orang pun berbeda-beda.

 

Hi GWC,

Menurut aku kelebihan ibu yang bekerja banyak banget ! Contohnya ibu ku dulu dia bekerja jadi guru disebuah sekolah. Tapi selain ngajar dia juga sembari kuliah lagi. Dan dia juga masih mengurus rumahtangga. Yang hebatnya semua bisa dia jalanin dengan baik dan lancar. Ibuku pun kuliah sampai di wisuda saat itu aku masih SD.

Beliau panutan hidup aku banget sih. Gimana cara dia membagi waktu dengan baik sebagai seorang ibu, istri dan guru. Jadi kelebihannya banyak ibu ku termasuk orang yang pintar membagi waktu dan mengatur keuangan rumahtangga dengan baik.

Semoga aja next nya aku bisa mencontoh hal baik dari beliau, karena seorang ibu yang bekerja tapi masih bisa mengurus rumah tangga itu hebat !

Sebelumnya jawaban ini tanpa merendahkan seorang ibu rumah tangga yang sudah luar biasa melayani keluarga dengan sepenuh hati. Kalian pun juga hebat dan keren!

Menurutku seorang ibu yang bekerja adalah perempuan yang berani dan rela berkorban sampai bisa memutuskan untuk tetap bekerja dan menjalankan peran sebagai ibu. Pastinya banyak alasan seorang ibu untuk tetap bekerja. Bisa untuk menambah pemasukan keluarga atau memang untuk melanjutkan passion-nya dan masih banyak lainnya. Kelebihannya lain juga yang pasti aku yakin sih ibu yang bekerja seharusnya mempunya manajemen waktu yang baik dan seimbang untuk keluarga dan pekerjaannya. Pokoknya ibu yang bekerja tuh dahsyat joss yes yes yes!!