Lewati ke konten utama
Sekar Rani
Freelance writer
Bertanya tahun lalu

Kalian punya phobia gak? Kalau ada gimana cara kalian mengatasinya?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Aku punya dua phobia, yang pertama adlaah highphobia, entah dari kapan dan sebabnya apa aku bisa punya highphobia. Untuk berada diketinggian dalam keadaan diam, alatnya tidak bergerak seperti wahana bianglala di Dufan, itu bisa bikin aku mandi keringet, tangan gemetaran, ga bisa berdiri, ambruk gitu aja. Tapi kalo alat yang bergerak, dan tinggi aku ga masalah misalnya wahana histeria. malah bikin aku ketagihan haha. 

Satu lagi coulrophobia,  aku takut banget sama badut. Ini awalnya waktu kecil, aku sempet nonton film IT di RCTI. Dan itu nempel banget sampe sekarang, buat aku liat badut kek mimpi buruk panjang. Mungkin kalo badut ini aku mikirnya karena, orang bisa siapa aja yang ada di balik baju badut. 

Cara ngatasinnya, jujur aku belum tau, mencoba ngeberaniin diri buat ngelawan ketakutan itu, ga bisaaaaaa..... 

Hai, mbak @Sekar Rani26 

Aku ada trypophobia nih, mbak. Aku juga gak tahu kenapa bisa seperti itu. Tapi memang aku selalu ngeri, merinding berlebihan dan bisa takut. Bahkan saat aku berbagi cerita begini saja bisa merasakan merinding bayangin hal yang paling gak aku suka itu. Setahuku juga, kalau yang parah bisa mual sih. Mungkin karena efek yang dirasakan ndak tahan dengan apa yang dilihat.

Aku gak bisa lihat benda2 atau gambar yang terlihat berlubang banyak atau seperti bergerombol. DUh, asli aku cerita gini juga langsung merinding. Jadi misal aku dilihatkan gambar2 seperti itu sudah pasti gak tahan, ngeri dan segera menghindar atau gak melihatnya. Ya, karena memang gak bisa dan gak boleh dipaksa.

Jadi kalau ditanya gimana cara mengatasinya, hehe aku belum tahu. Soalnya semakin dilihat bukan semakin hilang rasanya tapi makin ngeri. Aku gak bisa tunjukin gambar2 yang biasanya ditakuti orang trypophobia di sini, soalnya aku sendiri udah merinding ngeri, hehe. Nanti bisa coba search sendiri atau mbak mungkin sudah tahu.

Aku sadarnya itu, pas orang lain di sekitarku itu kok gak merasakan apa yang aku rasakan. Mereka biasa aja melihat benda atau gambar yang terlihat bergerombol. Oh ya, misal aja nih seperti kawanan semut hitam yang kadang bergerombol sampai begitu banyak di dinding itu aku bisa merinding jika terus memperhatikan. Oh iya sama lihat sisik ular juga merinding banget.

Sejak sadar bener2, akhirnya aku coba cari tahu dari artikel2 gitu. Wah, ya udah baru aku sadar ternyata trypophobia.