Lewati ke konten utama
Meilisa Meii
Urban Farmer Wannabe
Bertanya 4 bulan yang lalu

Kalian ngrasa cukup gak dengan salary kalian? Trus kalian ada side job gak beb?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Alhamdulillah ngerasa cukup. Kebetulan aku masih sendiri juga, maksudnya belum menikah hehehe salary ku tiap bulan bisa memenuhi kebutuhan, cuma emang harus pinter-pinter aja nih ngatur pengeluarannya. Karena aku sukanya jajan, jajanan yang dikit-dikit tapi sering dan banyak 😄 Apalagi kalau megang uang cash beuh enak banget tuh ngeluarin uangnya, tau-tau udah abis 😞 Makanya sekarang beneran cashless, megang uang cash sekadarnya aja. Kalau side job, awalnya aku nggak pernah ambil sama sekali karena bingung bagi waktunya. Tapi sekarang ini lagi ada satu side job, alhamdulilah side job-nya juga nggak makan waktu yang lama, jadi kerjaan utamaku bisa tetep beres tepat waktu.

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Kalau ditanya cukup apa enggak, sebenarnya cukup-cukup aja sih Beb untuk hidup. Soalnya, memang kita yang harusnya menyesuaikan dan bikin gaji tersebut jadi cukup, dengan menyesuaikan pengeluaran kita juga. Tapi kalau untuk foya-foya, ya nggak akan cukup, hehehe. Apalagi kalo nurutin laper mata dan keinginan untuk belanja yang macem-macem.

Kalau side job sih ada. Awalnya emang aku cari side job untuk cari uang tambahan, eh tapi sampe sekarang keterusan dan ngerasa gabut aja kalau nggak ada side job, hahaha. Takut kebanyakan mainnya dan malah ngabisin uang, jadi mending waktunya dialokasikan untuk ngerjain kerjaan sampingan aja. Tentunya dengan menyisihkan waktu untuk liburan dan berakhir pekan juga, hehe.

Alhamdulillah aku pribadi ngerasa cukup dengan salary dari perusahaan ku sekarang. Tapi tetap aja aku ngerjain side job juga sebagai freelance. 

Kalo aku sih ngerjain side job dan bisnis kadang-kadang selain emang bisa nambah-nambah penghasilan, isi waktu luang juga, daripada kita punya waktu hanya digunakan untuk hal-hal kurang produktif, mending selagi muda ngisi dengan hal bermanfaat dan bisa menghasilkan pendapatan juga.

Jadi sebenarnya ngelakuin side job itu ga melulu karena gaji kurang, kalo aku pribadi emang ada alasan lain juga, dan selama senang ngelakuin plus ga ngeganggu kehidupan serta pekerjaan utama, ya hal yang bagus justru kalo bisa ngelakuin hal lain hehe

hi beb..

kalau ngomongin gaji itu cukup atau ga, susah ya nyari jawabannya.

sebenernya aku sih ngerasa cukup dengan gaji aku yang sekarang, pengelolaan gaji yang aku pakai lumayan akurat jadi semua tercukupi dari jatah tabungan, biaya operasional, sampe jatah dana darurat.

sebetulnya yang kita harus tanamkan di kepala itu adalah pengeluaran yang menyesuaikan dengan gaji kita, bukan gaji yang menyesuaikan dengan pengeluaran, kalau itu udah kita praktekin, insyaallah semua tercukupi.

nah kalo side job, aku ga ada side job. pingin sih cari-cari buat nambah pundi pundi tabungan. pingin bikin usaha juga, tapi masih terbatas sama waktu dan ide mau buat usaha apa. ada ide mungkin?

 

Kerjaan utama dan kerjaan sampingan dua-duanya masih jalan bareng sampai sekarang.

Kalau cukup, sih cukup, ya. Tapi mumpung masih di usia produktif, lagi semangat-semangatnya buat meningkatkan pendapatan, nih. 

Kalau side job, sih lebih menyalurkan hobi biar jiwa tetep happy, plus dapet cuan juga.

Selama bisa manage waktu, pikiran, dan tenaga kenapa enggak? Gas...