Lewati ke konten utama
Resi Deriana
Founder of Girl We Can
Bertanya 8 bulan yang lalu

Kalian masih deket gitu gak sama teman2 SD/SMP/SMA/Kuliah? Menurut kalian, penting gak sih masih menjalin hubungan baik dengan teman2 lama dan aktif ikut reuni?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Jawaban ini memenangkan 20.000 Poin

Kalau menurut aku ya penting tapi nggak harus ikrib. Sesuain sama keadaan kamu sekarang aja. Toh biasanya udah semakin ke sini pertemanan tuh makin dikit tapi #solid :))

masih banget tapi cuma beberapa aja sih, cuma yg deket sama aku waktu masa2 itu ajaa. menurut aku penting untuk tetep menjalin silaturahmi dengan temen2 lama tapi gak mewajibkan juga untuk selalu ikut reuni

kalo sama temen SD cuma sama beberapa yang deket tapi itu juga sebatas komunikasi di chat dan nggak sering2 amat, sama temen SMP/SMA masih sering ketemu. menurutku sih penting, karna silaturahmi memanjangkan rejeki ciaaaa cuma kalo untuk aktif ikut reuni kayaknya aku gak terlalu. 

Wina Indiarto
In-house counsel, life survivor.

Not gonna lie, temen-temen yang aku masih maintain kontak deket dari setiap jenjang pendidikan (well, maybe except kuliah ya) itu ngga lebih dari 5 orang. How so? Karena dari dulu aku orangnya susah punya temen deket, so I never had much friends to stay in touch with in the first place.

However, aku percaya banget bahwa jaga hubungan dengan teman-teman lama itu penting. Soal aktif ikut reunian, well itu bisa dicocokin sama jadwal dan kesibukan kita lah. Tapi yang namanya silaturahmi ya jangan sampe seputus-putusnya putus lah ya :)

Jujur ya.... aku sih udah jarang banget kontak sama temen sd/smp/sma/ kuliah. Dibilang penting sih, mungkin iya untuk beberapa hal misalnya sebagai database yang memang berkaitan dengan bisnis kita. Itupun ga banyak hanya segelintir saja. Sejak SD aku termasuk orang yang memang ga begitu suka berbaur dengan banyak orang, bukan berarti kuper hanya sekedar membatasi saja. Kalau mau dihitung hehe temen aku sekarang juga ga lebih dari 6 orang, soalnya buat aku cari temen deket itu susah dan belum dapet yang cocok (selain suami sendiri yang jadi best friend heheh) Beberapa kali ajakan undangan reuni, alhamdulillah aku ga pernah ikut haha... bukan sombong cuma karena sering bentrokan dengan pekerjaan saja. Selain itu juga reuni menurut aku ga terlalu penting sih, ya kalau sekedar mau ketemuan bisa lain waktu yang tidak berbentuk reuni. 

Liyani Novi
fashion modell and fashion designer

menurut aku menjalin hubungan dengan banyak orang itu penting banget termasuk dengan temen sekolah. tapi tetep harus di pilih-pilih sih kalau aku nya. jujur aku ngga pernah ikut reuni tapi masih sering komunikasi dan main bareng sama beberapa temen lama yang sevisi dan semisi , paling penting yang obrolannya nyambung sih. aku malah join bisnis bareng sma mereka juga. sering sharing ttg bisnis ke mereka yang udah ngejalanin bisnis sejak lulus sekolah.

Halo, mbak Resi Deriana!

Kalau soal reuni, menurut aku sih nggak penting2 banget ya, mbak. Tapi kalau reuninya gak keseringan sih oke2 aja bagi yang bersedia ikutanmya. Soalnya, buat sebagian orang yang memang suka kumpul2, itu bisa jadi sebuah hiburan alias refreshing kok sebenarnya. Entah bisa ketemu dan ngobrol saja, itu sudah bisa hilangkan kangen dan mungkin sejenak melepas penat rutinitas. Apalagi reuni ini juga palingan setahun sekali kan? Aku sendiri juga belum pernah datang ke acara reuni sih, hehe

Tapi kalau soal menjalin hubungan baik dengan teman SD/SMP/SMA/kuliah sih penting ya. Soalnya ini bisa memperpanjang silaturahmi. Meski gitu, aku juga gak dekat dan akrab sama semua teman kok. Hanya sebagian saja, mungkin satu atau dua orang, intinya bisa dihitung jari yang mungkin masih klop sampai saat ini. Itu juga paling sering komunikasi via pesan WA atau media sosial aja.

Kalau ketemuan sih mungkin beberapa tahun belakangan lebih intens sama teman SMA, itu juga cuma 2 sampai 4 orang. Kalau pas pada kumpul ya mungkin bisa lebih sih. Ketemuan juga gak rutin, pas sama2 longgar aja karena sama2 punya kesibukan kerja dan keluarga pastinya. Palingan ketemuan dimana nanti sambil ngobrol dan makan.

Sama temen kuliah juga hanya sebagian saja, itupun lebih ke saling berkirim pesan saja sih sejauh ini. Intensitas ketemu juga sangat jarang. Beda dengan teman SMA yang mungkin sebagian besar rumahnya masih satu kota jadi mudah ketemuan.

 

Ainun Fatmawati
Owner AyMsGlow dan Freelancer aktif

Halo bebs Resi..

Kalo menurut aku sih kayaknya cukup penting ya, menjalin hubungan dengan teman lama. Ada pepatah banyak temen banyak rejeki. Nah coba bayangkan saat Kita kesulitan di kota entah berantah ternyata ada teman kita yang biasa kita hubungi yang tiba tiba membantu Kita tentu akan sangat membahagiakan bukan?

Tapi untuk ikut reuni sepertinya tidak begitu wajib ya yang penting adalah silaturahmi antar teman saja. Terlebih lagi jika Kita sudah memiliki keluarga kecil, usahakan untuk selalu memprioritaskan keluarga.

ada beberapa tips agar hubungan antar teman bisa awet dan langgeng seperti:

  • Saling bertukar kabar - Saat ini teknologi sudah semakin canggih bahkan kita masih tetap bisa menghubungi orang yang berada jauh ratusan kilometer dalam beberapa detik. Ini membuat Kita tidak bisa beralasan lagi tidak bisa menghubungi selama kita memiliki nomer ponselnya. tetaplah bertukar kabar meski hanya sebentar.
  • Meluangkan waktu bersama di waktu senggang - jika Kita memiliki waktu yang senggang dan sama sama bisa bertemu maka manfaatkan waktu ini untuk bertemu, nongkrong di warung kopi atau sekedar shoping bersama akan mempererat hubungan kalian.
  • Jangan ada rasa iri - Buang jauh jauh rasa ini terlebih lagi saat tahu bahwa temen kita lebih sukses dibanding kita. Ikutlah bahagia karna kesuksesannya. Saling mendukung dan memberi semangat karna setiap kebahagaian teman adalah kebahagiaan kita juga. 
    semoga bermanfaat ya bebs.

Aku tipe orang yang nggak bisa temenan sama banyak orang. Dari jaman SD, temanku tuh bisa dihitung jari, saking sedikitnya. Jika beberapa orang punya teman nongkrong yang berbeda dengan teman di sekolah, trus nanti punya teman les yang beda lagi, aku tuh nggak bisa. Mungkin ini sih yang dinamakan dengan kepribadian introvert.

Sampai mama ku pernah bilang, 'kamu itu lho temenan kok sama itu lagi itu lagi, sama yang lainnya juga gitu loh.' Jawabanku hanya tersenyum saat itu. Tetapi bagiku, sedikitnya jumlah teman yang aku miliki, tidak mengurangi kualitas pertemanan yang aku jalin bersama mereka. Bahkan, aku punya teman yang ketemu waktu pertama kali masuk SMP. Akhirnya kami dekat bahkan aku sudah sangat dekat dengan ibu dan kakaknya loh. Hubungan kami juga masih sangat baik sampai sekarang. Meskipun kami terpisah jarak dan kesibukan masing-masing telah banyak menyita waktu untuk berkumpul bersama. Foto profil ku di akun ini adalah fotoku bersama sahabatku itu. :)

Sumber :
Sumber : kompasiana.com9

Kalau masalah penting atau tidak menjalin hubungan baik, dalam kepercayaanku itu merupakan suatu hal yang wajib sebenarnya. Namun, balik lagi ke kepribadian dan kondisi masing-masing sih. Aku memilih bersikap biasa saja kepada teman-teman waktu sekolah dulu. Berkabar sesekali, berkunjung sesekali, bagiku itu cukup untuk saat ini. Masalah reuni, penting nggak penting sih ya. Aku datang reuni kalau emang lagi mood untuk datang kesana. Apalagi sekarang aku anak perantauan, bisa pulang ke rumah kalau menjelang lebaran. Dan biasanya mereka mengajak reuni disaat seperti itu. Aku lebih sering memilih bersama keluarga dirumah daripada menghadiri reuni.

Penting!! Menurutku penting banget menjaga hubungan dengan teman2 lama (I mean temen yg akrab). Apalagi untuk tipe orang introvert kaya aku yg temennya cuma bisa dihitung jari. Pasti itu-itu aja, sampe keluarga juga udah hafal kalo mau pergi pasti kalo ga sama si ini ya si itu. Sebagai makhluk sosial, manusia memang membutuhkan orang lain. Nah di sinilah peran kita sebagai manusia, harus bisa saling membantu kak. 

Klo temen SD aku udah lost contact gitu, selain aku pindah ke Jawa dulu juga belum punya HP buat tukeran nomor telepon, klo SMP-SMA aku sekolah disatu yayasan jadi temennya itu2 aja, tapi yg deket dan masih komunikasi sampai sekarang cuman bisa diitung jari aja, malahan yg deket banget itu bukan yg satu angkatan sama aku tapi adik kelas yg sampe sekarang aktif komunikasi, kalau temen kuliah juga sama aja gk banyak yg masih aktif komunikasi selain lewat group chat, cuman yg bener2 deket aja sih, untuk reuni itu sebenernya aku paling males ikutan soalnya udah lama gk ketemu pas ketemu lagi jadi canggung gitu, apalagi yg gk pernah ketemu setelah selesai sekolah atau kuliah, jadi klo ada reuni yg gk wajib hadir aku pasti pilih absen, tapi kalo ada temen deket yg ikutan  hadir acara reuni aku usaha juga buat hadir, selain itu juga aku orangnya gk menetap disatu daerah buat waktu yg lama jadi susah juga buat ikutan hadir2 acara reuni atau sebatas kumpul2 sama temen sekolah atau kuliah. 

Aku gak deket sama temen SD, tapi kalau temen SMP SMA dan kuliah masih deket krn kami konsisten bgt satu SMP satu SMA meskipun pas kuliah misah beda kota tapi kalau ada waktu luang masih bisa ngumpul. Sekolah aku jarang banget ada reuni, malahan sering reuni dadakan di kawinan temen. 

Aku pribadi masih sangat dekat dengan teman-teman SMA. Kalo menurut aku, kalo konteksnya 'menjalin hubungan baik' itu menurut ku penting banget, ke semua orang bahkan memang harus seperti itu. Tapi gak wajib sih untuk aktif ikut reuni tahunan misalnya. Itu balik lagi ke diri pribadi kita masing-masing aja. Menurut ku menjalin hubungan baik itu banyak caranya, dan ga hanya ikut reuni aja.
Dalam hidup kan, semakin kesini, circle pertemanan kita pasti semakin mengecil, tapi secara kualitas, pasti semakin baik. Jadi memang penting untuk menjalin hubungan baik dengan setiap orang, tapi lebih penting lagi untuk menjaga siapa-siapa yang emang bener-bener berpengaruh dalam hidup kita

Masih banget ka! Dulu tuh aku SMP-nya boarding school, jadi hari-harinya dihabisin bareng temen-temen dari bangun tidur sampe tidur lagi. Fun factnya nih, pas waktu di boarding schoolnya malah kita tuh ga deket. Justru baru bener-bener jadi cs kentalnya (kalo istilah orang medan) pas udah tamat SMA. Kaya ngerasanya pas sama orang luar tuh (sebutan kita buat anak non BS) kaya ga sefrekuensi aja gitu, mungkin karna itu tadi sih ya. Kita ngabisin waktu bareng-bareng bertahun-tahun, jadi udah ngerasa klop aja. Soal penting ga pentingnya, menurut aku penting banget, karna itu juga salah satu jalan buat ngebangun relasi. Relasi itu penting banget sih!

Hi ! Jujur untuk saat ini diumur aku yang sudah tidak muda lagi, kuantitas pertemanan semakin berkurang. Dulu saat masih kuliah banyak berteman dengan banyak orang dan komunitas beda, bahkan sampai beda kampus. Tapi sekarang hanya intens dengan beberapa teman saja, karena diumur sekarang ini pasti teman teman dan aku sendiri pun punya kesibukan yang beda-beda dan pasti lebih banyak. Jadi selagi ada waktu luang pasti diluangkan buat kumpul sama keluarga. Kalau dulu jaman kuliah lebih sering nongkrong sama temen, karena emang waktu luang yang banyak. Tapi akupun masih berkomunikasi dengan baik sih sama temen SMP/ SMA / Kuliah, karena emang masih ada group di WA, tapi emang ga seintens dulu. Dan paling liat update kehidupan mereka di media social. Tapi kalau untuk teman dekat diusahakan untuk tetap in touch :)