Lewati ke konten utama
Pertanyaan
Self Care
Bertanya 2 tahun yang lalu

Kalau lagi burn out, kalian biasanya ngapain?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Hilmi Hanifah
Freelance Writer & College Student

diem dulu pokoknya beberapa menit hehehe biar asap (?) di kepala ilang dulu wkwkwk terus cari cari hal yang bisa bikin have fun biar ngga boring, baru kalau udah mendingan, balik kerja lagi dan usahain ada cemilan sama minum di sekitar, biar ngga stress hehehe

nonton video-video lucu, atau jalan-jalan sendiri, atau ketemu temen~

Biasanya nonton video-video lucu, dari video binatang atau potongan film favorit gitu.

Rebahan dulu sambil nonton video2 lucu, atau jalan2 biar gak suntuk, baru kalau udah segeran bikin to-do list lagi~ Mangaattt

Halo kak Pritha! Aku coba jawab yaaa

Aku pernah banget  kak dan efeknya aku sensi banget bahkan pernah berantem sama ibuku. Nggak berantem yang gimana gimana sih kayak berantem sama temen aja ngambek gitu soalnya aku sama ibuku emang suka gitu kalau lagi burn out entah aku atau ibuku kita bisa ngambek. 

Biasanya aku kalau kaya gitu sih keluar jalan kemana aja yang penting biar pikiran plong dulu dan tenang. Entah ke mall atau ke kafe sambil minum cokelat. Karena cokelat itu pembalik terbaik untuk mood aku sih. Aku kalau lagi bete gitu minum cokelat bisa lumayan membaik mood nya. Nggak tau sih ini mungkin sugesti atau gimana tapi di aku bener-bener membantu banget. 

Selain itu yang aku lakukan biasanya nonton drakor atau scroll twitter karena di twitter aku bisa nemuin orang yang aneh aneh banget dan bikin ngakak jadi lumayan membantu mengembalikan mood aku. 

Terus yang biasanya aku lakukan adalah olahraga. Kayaknya olahraga bikin kita happy itu bener banget ya. Soalnya aku bener-bener ngerasain sendiri kalau habis olahraga itu selain badan kita seger pikiran kita juga jadi lebih tenang dan rileks. Biasanya aku olahraga liat di youtube aja sih kaya hiit cardio atau pakai aplikasi woman fitness. 

Intinya mah me time gitu.. kasih waktu buat disi sendiri dan menghindari hal hal yang memicu burn out pada diri kita.. 

Hai, kak @Pritha Moniaga29 !

Kalau ngalami masa2 seperti ini asli bikin rusak suasana banget sih. Sekitar kita jadi gak enak dan kayak semua orang jadi kena imbasnya sih.  Tapi buat menghindari hal ini berlanjut perlu ada manage dalam diri agar gak menciptakan suasana jadi makin keruh dan kitanya jadi makin terpuruk.

Pertama, biasanya aku pilih diem dan memikirkan semua, kayak flashback sendirian. Memang sih gak selamanya terus diam itu bakal nyelesaikan masalah, malah mungkin jadi menambah pikiran berat. Kedua, biasanya mulai deh cari pengalih perhatian semisal main game di ponsel atau sengaja lihat video2 lucu. Tapi jujur sih, ini kadang gak menghilangkan. Justru cuma hilangkan fokus sementara waktu.

Nah, selanjutnya kalau udah gak mempan semuanya biasanya mending keluar rumah buat jalan2 sendiri, entah itu muter2 keliling gak jelas sembari naik motor. Karena yang aku butuhkan ketenangan dan menyembuhkan burnout ini. Karena kalau terus dibiarkan tanpa diatasi bisa ngefek kemana2, termasuk hubungan sama orang lain dan kerjaan menurun.

Selain jalan2 sendirian biasanya aku makan deh, hehe. Intinya kayak jadi me time. Kalau aku pribadi, kalau perut kosong bisa ngaruh juga ke pikiran haha..jadi mending makan sesuatu yang kita pengen. Gitu sih. Biasanya sih, self care kayak gini perlahan bisa memulihkan diri dari burnout. Nah, lebih oke lagi kalau bisa ketemu temen deket dan ngobrol bareng. Intinya temen deket yang pastinya ndak ada sangkut pautnya sama kerjaan atau lingkungan pemicu kita burnout. Itu aja sih sharing dari aku, kak.

Fiuuuuhhh ini pernah banget, dan dampaknya parah banget. Bisa ngaruh ke semmua hal termasuk komunikasi sama keluarga. Jadi uring-uringan ga jelas, sensi abis, parno, dan parahnya lagi berasa useless person. Bahaya banget kan. Dan aku pernah ada diposisi ini, rasanya kayak tersiksa banget, nangis hampir tiap hari, kerjaan berasa salah terus, motivasi kerja jadi ga ada, alhasil konsentrasi juga berkurang parah. Dan ini semua biasanya muncul dari hal-hal pekerjaan yang memang ga bisa kita kontrol, atau kerjaan yang dikasih atasan ga jelas arahannya, termasuk juga toxic people. 

Nah, waktu itu untungnya aku kayak tersadar aja gitu, ini kondisi bakal terus memburuk kalau ga diatasin. So, akhirnya mulai memperbaiki dan cara ini sampai sekarang masih aku jalani kalau lagi burn out. Hangout bareng temen-temen yang memang ga satu kantor sama aku. Nonton bioskop sendiri, baca novel, mulai makan teratur dan yoga hahaha....

Yoga ini ngebantu banget saat lagi burn out, bener-bener bisa bikin pikiran lebih tenang dan berpikir positif. Atau kalo lagi bosen sama yoga aku jogging sih, sambil dengerin musik. Jadi intinya burn out itu alarm saat badan dan pikiran kita sudah sangat kelelahan dan kurang istirahat. Fokus sama kerjaan boleh bebs, tapi jangan terlalu fokus itu malah jadi ngundang toxic di diri kita sendiri.... Tetep semangat ya bebs.

sebenernya aku orang yang jarang banget burn out sih. udah bawaan dari kecil. entah karena aku anak sulung atau karena aku dibesarkan oleh seorang ibu yang penyabaaaar banget. tapi boleh lah ya aku coba share beberapa tips aku kalau lagi sebel banget.

  • tinggalin dan atur napas

menyingkir dari situasi apapun itu yang bikin aku burn out. take a step back. istirahat sejenak. atur napas biar tenang dan pikiran kembali jernih. soalnya nggak nyaman banget kan ya kalau burn out gitu biasanya dada ikut panas dan sesak. nah rasa nggak nyaman itu bikin kita makin sebel lagi. makanya... sebisa mungkin menyamankan diri sendiri dulu hehehe

  • berhitung dalam hati

ini salah satu cara yang paling sering kupakai untuk menghindari marah. aku atur napas sambil berhitung dalam hati. aku nggak tau ya korelasinya ini sama psikologi manusia gimana kok bisa berhitung bikin kita lebih tenang, tapi ini sih ngaruh banget di aku.

  • luapin (yang ini jelek)

kenapa jelek? soalnya biasanya kalau kita marah dan kita konfrontasi ke orang, itu akan menyakiti orang lain. menyakiti orang lain ujungnya menyakiti diri aku sendiri. kata-kata jadi kasar karna pikiran nggak jernih, belum lagi kalau tubuh bereaksi yang tidak diinginkan (tiba-tiba mukul, dll).

  • tidur

ini biasanya kalau pms HAHAHA karna sadar itu hormon dan nggak bisa diapa-apain, jadi aku tinggal tidur aja deh~ (atau ngapain aja kek yang bisa mengalihkan perhatian ku dari hormon yang tidak menentu tsb)

Ketika saya burn out maka saya akan mencoba untuk tenang dan melakukan hal-hal yang membuat pikiran dan diri saya merasa tenang dan nyaman agar bisa normal kembali. Memang sedikit sulit, tapi jika saya membiarkan hal itu menguasai diri saya, maka saya bisa merasa diri saya tidak sedang baik-baik saja. 

Dengan burn out biasanya pikiran tidak bisa berjalan dengan baik. Maka saya akan mencoba untuk menenangkan diri dengan mendengarkan musik, tidur, membaca sesuatu yang lucu biar bisa menghibur diri. 

Memang hal semacam ini akan sering terjadi karena tuntutan pekerjaan. Dan dalam pekerjaan tersebut tidak selamanya berjalan dengan mulus dan baik-baik saja. Ada kalanya ketika mengerjakan sesuatu ada kendala dan tidak jarang mengalami kegagalan. 

Maka dari itu, solusi yang bisa diambil untuk menyelesaikan masalah ini adalah coba menenangkan otak dan diri saya. Dan ketika merasa telah gagal mengerjakan sesuatu atau berhasil namun tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, maka saya harus mengingat keberhasilan apa saja yang telah saya capai.

Karena memang ketika burn out seketika seperti tidak ada sama sekali keberhasilan yang telah dicapai. Padahal kegagalan itu lebih sedikit dan lebih jarang jika dibandingkan dengan banyak pencapaian yang telah diraih.

Tapi, ketika mengalami kegagalan akan merasakan putus asa dan merasa diri sendiri tidak bisa melakukan apapun. Ini salah satu video yang jadi referensi saya agar nggak terlalu sering stress karena risiko burn out memang nyata. 

https://www.youtube.com/watch?v=FA0GzlEHz1M

Jujur saya orang yang jarang banget ngerasain yang namanya burn out, bahkan hampir tidak pernah untuk yang dalam level sampai parah dan ngerasa stres sendiri. Aku pribadi kalo lagi ngerasa burn out yang istilahnya ga terlalu parah, stres-stres biasa aja memilih buat stop semua yang dilakuin dulu dan take a rest gitu. Ambil waktu buat mengembalikan mood dan pikiran juga.

Ini tentu tiap orang recovery waktunya berbeda-beda ya, saya pribadi kalo lagi burn out ringan cukup istirahat sejenak, alihkan pikiran ke hal lain, dan banyak lakuin kegiatan yang disukai aja, kayak nonton film yang bisa bikin kita seneng, biasanya ke hal-hal yang kita lakuin sendiri aja, dan stop juga banyak berinteraksi sama orang lain, aku kayak butuh waktu nenangin pikiran, jadi banyak melakukan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakuin sendiri. Biasanya cara paling ampuh tuh tidur dan makan sih hahaha

Atau mungkin kalo lagi burn out yang bener-bener stres berat, aku bakal ambil cuti sih, pernah di akhir taun lalu ngerasa kayak gitu, aku beneran ambil cuti semingguan padahal memang gaada rencana mau liburan atau kemana pun, bener-bener yang lagi stres banget sama kerjaan, dan gabisa fokus gitu. Akhirnya ya itu ambil waktu buat istirahat, buat nyegerin pikiran lagi, buat memikirkan banyak hal juga, mengevaluasi diri juga biar akhirnya bisa jadi pribadi yang baik lagi kedepannya.

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Kulineran, Kak. Hahaha. Atau jalan-jalan jauh ke tempat yang pemandangannya bagus, atau mencoba mencari video-video lucu di Twitter. Sambil dengerin lagu juga sih kadang. Tapi kalo udah mentok banget, biasanya aku mencoba tidur.