Lewati ke konten utama
Bertanya 3 bulan yang lalu

Kalau ada yang pinjam uang ternyata susah ditagih, apa yg kalian lakuin ? pdhl sudah kasih keringanan waktu pembayaran.

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

  1. Omongin dulu baik2 dan bahas solusi bareng (misalnya dicicil dulu)
  2. Kalau masih kabur2an, coba minta tolong orang ketiga (teman atau keluarganya dia) untuk ngingetin
  3. Kalau masih ngilang juga, terpaksa mengadu ke orangtuanya

Aku gatau sih ini cara yg tepat apa gimana, mungkin bisa dicoba biar yang minjem lebih ada kesadaran. Menurutku sih peminjam yang baik harus punya tanggung jawab dan ngusahain bisa balikin. Semoga bisa dipermudah urusannya ya :")

Tergatung situasi dan kondisinya kak. Misalkan saat itu dia emang lagi ga punya uang, ya kita ga bisa maksa. Mau engga mau  ya perpanjang tenggat waktunya (dengan catatan keuangan kita juga aman). Jujur aku engga bisa galak dalam menagih hutang, kalau udah ada tanda-tanda susah bayar walupun ditagih aku bakal kayak "yaudahlah yah" sambil berdoa semoga dia dilancarkan rezekinya dan bisa membayar hutang kita.

Tapi akan beda cerita kalau misal dia susah ditagih tapi malah jajan sana sini. Alias sebenernya dia ada duit tapi engga mau bayar. Kalau gini, biasanya aku minta bantuan sama temen deketku yg juga deket sama dia. Atau temen deketnya dia agar mengingatkan bahwa sebenernya dia masih punya tanggungan atau kewajiba. Kalau aku gitu sih kak.

Aku pernah mengalami hal ini. Waktu pinjam uang, dia datang dengan baik hati. Janji tanggal sekian setelah gajian akan dibayar. Tetapi, sampai aku lupa kalau ada yang punya hutang sama aku, aku belum menerima pembayaran sama sekali.

Cara yang aku lakukan adalah

  1. Menanyakan ke orang yang bersangkutan apakah benar belum membayar kembali uangku (karena aku lupa).
  2.  Memberikan sedikit keringanan lagi jika dia memang belum bisa membayar
  3. Masih saja belum membayar? Aku akan menanyakan sekali lagi dan tanya kapan dia mampu membayar.
  4. Kalau tetap tidak mau bayar, aku sih ikhlaskan saja. Toh pada akhirnya dia nggak akan berani ganggu aku lagi dan (kalau orang bener) dia akan malu untuk meminjam uang di aku lagi.