Lewati ke konten utama
Anonim
Bertanya 2 bulan yang lalu

Kadang secara ga sadar kita bisa atau gampang banget nilai orang lain toxic. Padahal mungkin secara ga sadar diri kita sendiri juga toxic. Kalian pernah ga sih ada di situasi, ternyata kalian yang ada di pihak toxic atau bersalahnya? Cara kalian mengatasinya gimana beb?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Pernah, beb. Tapi lebih ke 'Ya ampun aku udah menyakiti hati orang'. Pernah aku minta maaf ke adek karena berasa toxic omonganku ngegas dan kasar. Tapi pas aku minta maaf malahan adekku kaget dan ketawa-ketawa. Tapi kan, tetep toxic, kan. Makanya sekarang ini aku belajar banget beb yang namanya mengontrol ucapan. 

Hilmi Hanifah
Freelance Writer & College Student

Hi beb, emang sih sering banget tanpa kita sadari, kita selalu menganggap diri sendiri sebagai korban padahal bisa juga jadi pelaku, lho. Kalau aku sendiri, hal pertama yang aku lakukan coba introspeksi dulu, apa aja kesalahan yang aku buat dan setelah itu, aku beraniin diri buat minta maaf ke orang yang aku sakitin. Kalau bisa sih, abis itu jauh-jauhin deh circle yang toxic, jangan takut gak punya temen atau apa, ntar juga ketemu temen yang lebih cocok dan pastinya lebih baik.^^