Lewati ke konten utama
yana
Humanitarian Worker
Bertanya 4 bulan yang lalu

Hi semuanya. Gimana caranya ya ngilangin rasa minder atau gak percaya diri kerja di kantor orang-orangnya semuanya highly experienced dengan tatanan pekerjaan yang sangat terstruktur, sementara aku sendirian adalah first-jobber, fresh graduate, blm ada pengalaman, dan junior level. Rasanya setiap dikasih tugas aku takut banget (sampai gemeter) apakah tugasnya udah bener atau belum, im afraid that my mistakes will affect or cost my teammates or company. Takut banget dikira gak kompeten :")

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Halo, Yana. Kalau sepengalamanku pertama jangan dibawa stres, soalnya kalau dibawa beban yang ada malah kerjaan kita jadi gak fokus sama lebih besar potensi buat bikin kesalahan. Tetap santai tapi disiplin, coba deh perhatiin cara kerja mereka gimana. Ikutin pelan-pelan ritme kerjanya, sama jangan malu buat nanya kalau gak ngerti. Walaupun aku tahu kayanya mau nanya aja rasanya malu atau takut, tapi justru jadi lebih jelas sama tahu kerjaan kita harusnya kaya gimana. 

Kalau aku biasanya liat revisi kerjaan aku yang sebelumnya yang kurang dimana atau kadang nanya feedback kerjaan aku gimana. Biar aku bisa improve lagi kerjaanku. Menurutku juga masih wajar kalau masih lakuin kesalahan di awal kerja, yang penting jangan cepet putus asa. Oh iya sama jangan cepet baper kalau dimarahin dibawa angin lalu aja walaupun kadang nyelekit hehe. Tetap semangat!

Hi Yana! Mungkin aku bisa berbagi sudut pandang sebagai team lead. Buat tim, yang paling aku liat biasanya bukan cuma pengalaman kerja dan seberapa skillful-nya dia, tapi seberapa tingginya inisiatif, selalu fokus di problem-solving, manner kerja nya baik, dan selalu ada keinginan untuk improve. Karena dari yang aku liat selama ini, lulusan terbaik dan pengalaman kerja yang lama belum bisa menjamin orang itu profesional dan mannernya bagus. Ingat, senior dan atasanmu di kantor juga dulunya sama2 ada di posisi kamu sekarang. Pasti pernah banyak melakukan kesalahan dan berhadapan dengan berbagai krisis, hingga bisa di posisi sekarang. Jadi jangan gak pede dulu yaa, there's always room for improvement. Yang penting selalu fokus di solusi, dan gak perlu malu untuk bertanya. Semangat ❤️✨