Lewati ke konten utama
Pertanyaan
Career Women
Girl We Can
Moderator
Bertanya 5 bulan yang lalu

Hal apa saja yang paling sering membuat kamu terdistraksi saat bekerja?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

 

Saat ngerasa jenuh dan pikiran mulai terasa lelah biasanya aku butuh refresh sejenak, saat musik udah ga bisa membantu, aku coba mengalihkan perhatian sama social media and snack break. Karena terkadang otak kita butuh minute rest, buat mengembalikan mood dan konsentrasi. Pada saat otak kita yang lelah tetap dipaksakan untuk mengerjakan sesuatu,  hasilnya tidak akan maksimal. Mengistirahatkan sejenak otak dan pikiran kita saat bekerja itu perlu banget. Kasih rileks otak kita 10-15 menit, hal ini akan membantu kita terjauh dari stress.

Terdistraksi di pekerjaan sebenernya termasuk hal yang wajar sih, cuma jika terlalu sering kita teralihkan, hati-hati kefokusan kamu terhadap pekerjaan bisa sangat terganggu. Dan ini bisa fatal ke kerjaan kamu, efeknya bisa kena tegur atasan karena kerjaan kamu terhambat. 

 

 

“ANTARA INTERNET, PONSEL DAN REKAN KERJA, ADA BEGITU BANYAK STIMULAN DI TEMPAT KERJA SAAT INI, MUDAH UNTUK MELIHAT BAGAIMANA KARYAWAN TERALIHKAN,” KATA ROSEMARY HAEFNER, KEPALA PERSONALIA SUMBER DAYA CAREERBUILDER, DALAM SEBUAH PERNYATAAN

Distraksi adalah hal yang wajar, tapi menjaga fokus adalah sebuah keharusan saat bekerja beb. Ketika kemampuan untuk fokus kita menurun dan lebih menuruti distraksi, alhasil pekerjaan tidak akan beres. Imbasnya? Ya pasti kena marah bos hehe. Katanya sih, distraksi utama dalam kerjaan meliputi hal2 ini

  1. Cellphones/texting
  2. Internet
  3. Gossip
  4. Social media
  5. Rekan kerja yang datang ke meja kerja
  6. Smoke breaks/snack breaks
  7. Rekan kerja atau suasana kerja yang berisik

Nah kalau aku pribadi sih, godaan utamanya di sosmed. Kalo udah buka instagram atau twitter, pasti langsung keasyikan scroll. Ga nyadar tiba-tiba udah 1 jam terbuang sia-sia untuk  bersantai (dengan dalih rehat). Pusing banget kalo udah gitu, apalagi kalo deadline udah mepet. Dulu pernah sampe asal-asalan beresinnya, untungnya si bos tetep puas sih hehe.

 

Hal apa saja yang paling sering membuat kamu terdistraksi saat bekerja?

Halo!

Sebenarnya distraksi itu hal yang wajar kok Bebs, bahkan hampir semua orang melakukan hal tersebut. Biasanya orang-orang akan mudah terdistraksi dengan beberapa hal ya, seperti gadget, camilan, bahkan rekan kerjanya sendiri. Kalau aku tipe orang yang paling gampang terdistraksi sama yang namanya musik dan orang di sekitarku.

Soalnya pas lagi ngerjain sesuatu terus ngerasa jenuh, maka musik jadi pelarian utamaku. Kadang kalau kerjaan yang aku lakuin juga lumayan santai, misalnya cuma ngrekap-ngrekap atau kerjaan sifatnya enteng gitu aja pasti aku nyambi dengerin musik pakai headset. Tapi musik itu bisa mengganggu juga lho. Jadi pas aku harus bener-bener konsentrasi dalam menyelesaikan sesuatu maka aku memilih untuk benar-benar tenang dan tak gak dengerin musik sama sekali.

Credit foto: okezone
Credit foto: okezone

Sama halnya dengan rekan kerja atau siapapun di sekitarku saat kerja. Saat pekerjaan mereka udah selesai dan tuntas, pastinya mereka bakalan ngajak ngobrol jadi mau gak mau sesekali aku harus merespon apa yang mereka katakan. Tapi kalau pas benar-benar sibuk, aku hanya memberikan reaksi yang cuek aja sih.

Kalau untuk notifikasi dari media sosial aku gak begitu mementingkan, karena itu bisa dilihat nanti. Palingan kalau di grup WhatsApp soal kerjaan atau dihubungi owner atau orang2 terkait pekerjaan, baru deh aku pegang ponselku.  Soalnya kerjaan aku juga berhubungan dengan gadget.  Baik buat bikin laporan atau ada instruksi atau apapun soal kerjaan ya. memang ponselku lebih aktif kugunakan untuk urusan kerjaan. Menurutku kadang juga kita butuh distraksi saat jenuh dengan pekerjaan yang dilakukan, asal gak keseringan dan terus hanyut didalamnya aja.

Jujur diriku pribadi orang yang sulit banget konsentrasi disaat banyak suara-suara atau hal lain yang istilahnya 'bergerak atau bersuara' di sekeliling saya. Dalam mengerjakan sesuatu tuh emang harus di tempat yang tenang, kecuali untuk bekerja di kantor ya, justru beberapa pekerjaan membutuhkan kita untuk lebih sering berinteraksi terhadap banyak hal.

Tidak bisa dipungkiri sih, salah satu hal yang paling banyak mendistraksi saya itu ya smartphone. Hari gini kita kayaknya lebih sulit kalo ketinggalan hp dibanding ketinggalan dompet bahkan, memang smartphone itu sudah menjadi bagian hidup kita sehari-hari, bagian yang sulit kali untuk dijauhkan, bahkan sebagian besar waktu kita ya memang di smartphone ini.

Ga heran sih ya, sekarang kan semua serba teknologi, apa pun bisa diakses melalui smartphone, hiburan, berita, semua tersedia di sana, jadi banyak kebutuhan-kebutuhan kita itu bisa disediakan di smartphone. Nah ini yang bikin kita sulit buat lepas dan akhirnya jadi suatu hal yang seringkali mendistraksi kita ketika secara real kita sedang bekerja, pengennya dikit-dikit liat hp, ada notif whatsapp, yang tadinya cuma pengen liat pesan dari siapa, eh malah berlanjut chatting, kadang ngobrol hal yang kurang perlu, akhirnya pekerjaan jadi tertunda.

Atau ada notif update instagram, akhirnya ngebuat kita jadi scroll timeline, ujung-ujungnya pekerjaan yang harusnya bisa diselesaikan 1-2 jam akan jadi lebih lama waktu pengerjaannya.

Salah satu cara yang aku lakuin sih sejauh ini, fokus target ya, tiap hari harus ada target kerjaan dan disaat itu pula harus atur mindset buat mematikan data internet agar tidak adanya notif-notif yang muncul yang bisa mendistraksi kita pada saat bekerja.

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Nggak banyak hal yang bisa mendistraksi aku saat kerja, alhamdulillah. Tapi memang distraksi paling besar itu datang dari HP, sih. Entah sekadar ngecek media sosial, ngecek game, atau ngecek chat.

Untungnya, aku selalu membatasi durasi ketika aku megang HP di kantor, dan aku mencoba untuk memberikan jatah kepada diriku sendiri, jam berapa saja aku boleh memegang HP di kantor.

Banyak hal sih yang membuatku terdistraksi saat bekerja, salah satunya adalah ajakan teman untuk membahas gosip terkini. Cewek lah ya, suka banget gosip. Cuma kadang walaupun aku nggak lagi pengin masuk dalam pembahasan mereka, mereka malah memanggilku untuk bergabung. Sebagai orang yang mencoba jadi orang baik, aku pasti menoleh untuk menanggapi panggilan mereka. Biasanya sih cuma sekedar memberi senyum (kalau memang aku sedang mengerjakan sesuatu), tak jarang pula aku ikut nimbrung membahas gosip yang sedang dibicarakan yang akhirnya meninggalkan sejenak pekerjaanku.

Pengalih perhatian lainnya adalah teman yang tiba-tiba datang ke meja untuk membicarakan kegiatannya kemarin atau saat perjalanan ke tempat kerja atau kelucuan anaknya. Mau tidak mau, aku harus bekerja sambil mendengarkan ceritanya. Pekerjaanku selesai lebih lama dari seharusnya, walaupun tidak sampai molor dalam hitungan jam.

Sumber :
Sumber : mojok.co10

Satu lagi adalah pesan whatsapp dari teman spesial hehe. Kami bekerja dengan waktu kerja yang berbeda. Aku masuk pukul 07.00 (layaknya anak sekolah), sedangkan doi masuk pukul 08.30. Jadi, saat aku sudah sibuk berkutat dengan rutinitas pagiku, ia masih dalam perjalanan ke kantor. Nah, biasanya ia memberi kabar tentang perjalanannya hari itu. Tak jarang pula, ia meminta tolong padaku untuk dipesankan ojek online karena kode promo di aplikasi dia sudah tidak bisa digunakan. Alhasil, aku harus menyisihkan waktu untuk memesankan ojek online untuknya dan berpesan pada abang driver dimana posisi temanku berada.

Hi, 

Hal yang buat aku ke distrak saat kerja itu handphone sih. Kadang kalau lagi kerja suka kedistrak kalau ada whatsapp masuk , notif instagram atau twitter.

Tapi kadang suka kedistrak juga pas denger radio kalau topik nya lagi bagus.

Tapi biasanya aku ngelakuin itu semua pas kerjaanku lagi agak santai. Ngga lagi banyak deadline. Kalau lagi banyak deadline, handphone udah pasti ngga bakal kepegang, kecuali ada whatsapp atau telepon dari atasan. Itu udah harus banget direspon :). 

Hal lain yang suka buat kedistrak paling diajak ngobrol sama temen seteam, apalagi kalau team nya kebanyakan cewek pasti ada aja yang diobrolin tiap hari, tapi gapapa juga sih biar ngga terlalu stress juga kerjanya kan.

Sosial media. Twitter, instagram dan teman-temannya. Sebenernya kalo di kantor aku jarang terdistraksi sama sosmed karena kantor ku ngelock internet di jam kerja hahaha sebel juga sih cuma ya ada untungnya juga, jadi ngga bisa gampang buka internet dan sosmed sendiri. Karena mulai WFH dari beberapa minggu lalu (ya ampun asli aku lupa banget kapan mulai WFH saking berasa udah lama nya), pokoknya semenjak WFH ini aku sering ke distraksi karena pake jaringan internet sendiri, nggak ada yang ngontrol, jadi gampaaang banget mau buka sosmed. Biasanya kalau udah buka sekali, udah tuh bakal lama, kerjaan jadi ke jeda lumayan lama hiks my bad.