Lewati ke konten utama
Anonim
Bertanya 3 hari yang lalu

Hai, beb. Jadi semenjak pandemi ini, pendapatan keluarga berkurang drastis. Jadi, istilahnya aku sekarang jadi tumpuan keluarga gitu. Sementara, aku sendiri sebenernya punya beberapa goals yang belum aku wujudkan dan tentu butuh banget biaya. Gimana ya beb, cara atur keuangannya? Posisi sekarang aku bekerja ‘9 to five job’ dan punya kerjaan freelance, beb.

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Ajenk Rama
Content Writer & Author Books

Hai, bebs.. 

Semangat untuk kamu yang di tahap 'generasi sandwich', pasti nggak mudah banget buat ngejalaninnya. Salut banget buat kamu yg masih bisa atur waktu antara kerjaan utama dan kerjaan sampingan, tetap jaga kondisi biar nggak ngedrop. 

Kalau dari aku, cara atur keuangan mungkin kamu bisa coba nambah pemasukkan lain dengan modal yang kamu dapat dari freelance, jadi uangnya diputar gitu. Misalnya, jualan pulsa, buka online shop, atau makanan ringan. Dan, tentu saja nggak kamu yang ngelakuin sendiri karena kamu udah punya dua kerjaan yang cukup nguras waktu dan tenaga, kamu bisa coba mintol sama kaka atau adik untuk kerja sama buat bangun pondasi keuangan bersama. 

Selain itu, kamu bisa perketat kembali keuangan, prioritaskan mana yang benar-benar butuh dan mana yang bisa dikesampingan terlebih dulu. Jika sudah semua kamu lakukan, terakhir kamu tinggal serahkan semuanya sama tangan Tuhan. Aku percaya Tuhan nggak bakal ngebiarin kamu sendiri menanggungnya, mohon untuk dibukakan pintu lain dalam soal rezeki. Pasrahkan semuanya kepada yang punya Kuasa. 

Sementara, untuk goals kamu yang belum terwujud, percayalah akan ada waktunya kamu mencapai itu perlahan. Setiap orang memiliki jalan menggapai mimpinya dalam rentang usia yang nggak bisa dipastikan. Kalau itu, memang itu jalanmu mencapai mimpi pasti bakal diarahkan ke sana. kamu tinggal sabar menunggu. Sekarang, fokuslah untuk membantu keluargamu terlebih dulu, Tuhan pasti akan membukakan mimpi itu jika kamu dirasa cukup pantas untuk mendapatkannya.