Lewati ke konten utama
Tini Agustin
Event Creator & Marcom
Bertanya 4 bulan yang lalu

Godaan yang paing ga bisa tahan kamu tahan saat menabung apa bebs?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Hi Tini,

Godaan aku saat menabung banyak kayaknya. Kadang kalau emang niat mau nabung ntar ada aja ada sesuatu yg mesti dibeli, ntah baterai handphone yg rusak dll. Kalau masalah urgent gitu mau ga mau kan aku tetep mesti ngeluarin uang dan akhirnya batal nabung :) 

Tapi kalau jaman dulu godaan terberat itu tiket konser. Kebetulan aku emang suka banget nonton konser atau festival. Dan itu sih yang paling merogok dompet banget karena harga tiket konser yang ngga murah. Tapi sekarang aku udah tobat dan berusaha untuk nabung tiap bulannya. Karena cari uang tuh susah, mesti diomelin atasan, lembur dll. 

Jangan sampe kerja banting tulang ga menghasilkan apa apa. Jadi keep saving ya !

Hai Kak Tini,

Sebenarnya aku bukan tipe orang yang mudah tergoda, aseek wkwk, tetapi kalau ditanya godaan untuk mengurangi jatah tabungan adalah keinginan pergi ke suau tempat. Liburan kecil-kecilan juga pasti membutuhkan biaya, kan? Contoh sederhana adalah saat aku pengin melihat lebih dekat suku baduy. Aku kira biaya yang aku keluarkan hanya untuk membayar EO, sekitar Rp 250.000,00.

Eeh sesampai disana, aku harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli minuman selama perjalanan. Karena medan perjalanannya cukup berat, harus melewati beberapa bukit, tanjakan curam dan sungai sebagai pembatas antar desa. Sehingga aku banyak membeli minuman selama perjalanan. Semakin berada di puncak bukit, semakin mahal harga minuman hahaha.

Sungai sebagai pembatas antar desa. Sumber :
Sungai sebagai pembatas antar desa. Sumber : travel.kompas.com7

Setelah kembali ke kehidupan nrmal, barulah aku sadar kalau aku kekurangan uang untuk melangsungkan kehidupanku. Alhasil, aku mengurangi sedikit jatah tabunganku deh. Tetapi, kepuasan dalam melakukan aktivitas tersebut tidak bisa terukur oleh apapun.

Godaan lainnya adalah membeli makanan. Yups, aku anak yang nggak bisa lapar sedikit. Suka sekali mencoba makanan baru atau membeli di warung atau kafe yang baru buka. Bukan setiap kafe dikunjungi sih, tetapi lebih kepada mencari penghiburan di tengah stres pekerjaan. Kadang kalau sampai tiap minggu maen dan jajan, sudah dapat dipastikan akan tekor di akhir bulan dan mengambil uang tabungan. Hehe.

Kalau aku pribadi sih godaannya tidak lain dan tidak bukan adalah jajan hahaha beneran susah banget buat nggak jajan 😞 Jajan makanan sama minuman gitu, paling susah buat ditahan. Kalau baju atau sepatu, aku masih bisa tahan dan biasanya selalu aku jatah. Misal, bulan ini butuhnya sepatu ya aku beli sepatu dulu. Bulan depannya butuh tas kerja, baru beli bulan depannya lagi. Nah, kalau jajan makanan sama minuman ini yang susah dan berat 😄 Apalagi kopi sih ya ampun sulitnya. Aku kebetulan kayak punya keharusan minum kopi tiap hari… Jadi pasti aja ada tuh jatah jajan kopi tiap hari, padahal kalau ditabung kan lumayan ya uangnya. Huhu semoga bisa segera berkurang jajan-jajan kopi ini.

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Makanan! Hahaha.

Aku orangnya hobiiiiiiii banget kulineran! Sampe aku rela nggak beli baju baru atau beli pernak-pernik dekorasi kamar (aku juga hobi ngedekor kamar dan ganti-ganti cat kamar hahaha) demi bisa beli makanan yang enak! Aku juga seneng banget nyobain makanan baru gitu yang hidden gems, bahkan aku punya jadwal rutinnya tiap minggu siang dan aku jarang banget ngebatasin budgetku untuk kulineran :')

Tapi sekarang aku lagi nyoba berhemat, sih. Apalagi dengan adanya pandemi ini, aku jadi lebih sering masak sendiri dan nggak jajan di luar. Tapi tetep, sesekali suka kepengen makan enak kayak big box, jajan bubble, bebek, dll gitu. Masih suka kesulitan untuk kontrol pengeluaran makan huhu

Hi kak Tini~

jajaaaann makanaaannn!

sumpah aku tuh anaknya latahan banget wkwk aku hobi nonton video mukbang di youtube atau liat liat review makanan di instagram, nah biasanya kalau abis nonton suka bm pengen nyoba juga, yang sekiranya tempat jualnya ga terlalu jauh dari rumah aku langsung pesen dan cobain, nah dana itu kan ga masuk ke dana operasional harian -_- jadinya kadang ngerusak cash flow aku.

selain jajan makanan, godaan terberat adalah konser dadakan. aku ada alokasi tabungan sendiri buat konseran, tapi kadang konser yang mendadak dan keseringan dateng juga ngenganggu proses nabung aku, suka ada di perdilemaan kalau ga nonton belum tentu artisnya dateng lagi, kalau nonton duh tabunganku~~~