Lewati ke konten utama
Pertanyaan
Money
Rizka Fauzia Ohorella
Analis QA/QC & side job seeker
Bertanya 10 bulan yang lalu

Girls, salah nggak sih kalau kita punya tabungan tapi belum tahu goals dari tabungan itu? Bagi pengalaman dong...

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Wah kalo menurut ku pribadi sih sama sekali gaada yang salah ya dalam menabung, sekalipun kita belum tahu kegunaannya apa, bakal dipakai buat apa, justru karena hal-hal yang belum pasti itu kita justru harus menabung, untuk mengantisipasi hal-hal tidak terduga di kemudian harinya.

Kalo misalkan ada perlunya dulu, baru memulai menabung, tentu di keadaan-keadaan yang mendesak dan darurat kita jadi tidak memiliki simpanan dana apapun kan. Ini yang nantinya menyulitkan kita disaat-saat darurat.

Terlebih kalo kita membutuhkan sesuatu di masa depan, kalo baru dimulai menabung, ya tentu prosesnya akan sangat lama sekali. Menabung juga salah satu cara biar kita ga mudah boros, apalagi kalo uang tabungan diinvestasikan juga, wah bisa semakin besar aset yang kita miliki seiring berjalannya waktu.

Jadi menurut ku, sangat amat tidak salah untuk memiliki tabungan meski kita belum tau akan digunakan untuk apa, sekaligus jaga-jaga juga kalo ada kebutuhan yang tiba-tiba darurat. Itu sih kalo menurut ku mba hehe

nggak salah sama sekaliii. goals itu buat ngingetin kita aja kaan. tapi kita bisa mulai kebiasaan menabung (dan investasi) bahkan sebelum tau goals nya apa.

soalnya yang lebih susah tuh bukan nentuin tujuannya, tapi membiasakan menabung itu sendiri. jadi kita bisa mulai dulu buat menyisihkan sedikit demi sedikit.

terus kebanyakan kesalahan yang terjadi adalah menyisihkan uang di akhir setelah semua kebutuhan terpenuhi. padahal, menyisihkan itu baiknya di awal. jadi begitu kita terima gaji, kita langsung bagi gaji tersebut ke beberapa pos pengeluaran (inilah kenapa kita dianjurkan punya beberapa rekening). kenapaa? soalnya kalau kita udah pegang uang, kita punya tendensi untuk menghabiskannya. jadi lebih baik disisihkan di awal, dimasukin ke rekening investasi mungkin? jadi pas kita lihat saldo di rekening kita yang buat daily life nggak hebooh karna angkanya terlalu banyak, melainkan secukupnya. sisanya udah masuk ke rekening buat saving atau buat investasi.

nah goals itu gunanya buat ituu. buat nentuin instrumen investasi apa yang cocok untuk kita. kalau asal investasi aja nggak tau dananya mau buat apa dan kapan dipakenya yaa agak susah invrstasinya. tapi kalau buat nabung, nggak masalah!

semangat mencoba yaaa. bisa dimulai dengan nyisihin 5rb/hari masukin ke toples khusus, terus meningkat jadi 10rb/hari, 20rb/hari. nanti lama-lama akan terbangun sendiri kebiasaan menyisihkan atau menabungnya hehehehe

Hilmi Hanifah
Freelance Writer & College Student

Hmm, kalau menurutku sih gak masalah beb. Kalau kita belum tau buat apa, kan bisa disimpen dulu buat kebutuhan sehari-hari atau dana darurat. Soalnya, daripada harus nunggu ada tujuan dulu baru nabung, kayaknya bakal lebih lama deh dan belum tentu bisa dilaksanain. Jadi, mendingan nabung aja dulu, buat dipake apanya bisa dipikirin seiring waktu tapiii bukan berarti, gak tau tujuan, uang tabungannya asal dipake, hehehe. Jangan sampai yah!^^