Lewati ke konten utama
Anonim
Bertanya 2 bulan yang lalu

Di tempat kerjaku sekarang, lagi rame banget rumor phk akibat krisis keuangan. Aku jadi takut kalau tiba-tiba aku kena phk dan pasti bakal susah cari kerjaan baru di kondisi gini. Makanya, sebelum itu terjadi (tapi semoga gak sih), apa aja yah hal yang aku siapin dari sekarang biar masa depanku tetap aman?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Hai, beb. Kalau menurutku dengan cari tahu informasi mengenai hak-hak yang kamu dapatkan selama bekerja dan hak jika PHK itu terjadi. Bisa baca-baca ulang perjanjian kerja, peraturan perusahaan (PP), dan kebijakan perusahaan. 

Kalau memungkinkan, bisa sebar surat lamaran dan CV dulu, beb ke perusahaan lain. Biasanya ada perusahaan yang menginfokannya dengan jeda waktu sebelum PHK, tapi gak sedikit juga yang menginfokan dadakan. 

Nah, karena situasi pandemi ini istilahnya wait and see, gak ada salahnya beb kalau semasa pandemi ini lebih bijak memanage keuangan dan berhemat. Syukur-syukur dana darurat bisa dilebihkan mulai bulan ini. 

 

 

Ajenk Rama
Content Writer & Author Books

Hai, bebs.. 

Mungkin kamu bisa kroscek dl kebenaran rumornya sebelum khawatir berlebihan. Kalau udah dikroscek, kamu bisa tanya ke HRD atau rekan yang sekira ahli soal masalah hak yang bisa kamu dapat kalau memang terjadi phk besar-besaran. Tapi, karena kondisi keuangan perusahaan nggak stabil, bisa aja kamu nggak dapat hak, nih. 

Nah, kamu bisa siasati dengan melihat keuangan kamu saat ini. Apakah ada utang yang menumpuk, atau dana darurat mencukupi saat kamu terkena phk sambil cari kerjaan baru. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan gaji lebih banyak buat sewaktu-waktu dibutuhkan, jangan langsung dihabiskan.