Lewati ke konten utama
Bertanya 3 bulan yang lalu

Bos nawarin buat perpanjang kontrak sampe 3 tahun dengan alasan katanya tanpa aku company gakan jalan.. Tentu aja dia nawarin benefit lebih. Tp aku ragu.. sejak lulus kuliah aku belum pernah nyoba kerja di tempat baru. Rasanya pengen juga punya pengalaman di tempat lain? What should I do? Playing safe or challenge myself?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Kakak nyaman di tempat itu? Bos bisa membebaskan kakak bekerja dengan caramu sendiri?

Jika jawabannya ya, lebih baik diambil karena belum tentu kita seberuntung itu ditempat lain.

Tetapi, kalau jawabannya nggak, walaupun gaji nya nambah, jika aku jadi kakak, maka aku akan tetap berhenti walaupun belum mendapatkan penggantinya.

Gaji mungkin akan menjadi penghibur sementara kak. Tapi kalau sehari-hari kita nggak bisa nyaman dan bahkan makan ati, akan berdampak buruk bagi kesehatan mental kakak juga.

Tentu, kondisi diatas hanya bergantung pada satu titik masalah. Banyak faktor yang bisa dijadikan pertimbangan pasti. Yang jelas, selama banyak faktor yang membuat kakak nyaman untuk melanjutkan langkah disana, take it now.

Hello, firda. Apa kamu nyaman di kantor yang sekarang? Dari lingkungan, rekan kerja, dan lain-lainnya? Dan apa kantor yang sekarang punya peraturan yang bijak, misal nggak dipersulit ketika mau ambil cuti? Kalau semuanya baik-baik aja, kantor kamu punya kebijakan yang bagus, kamu nyaman, rekan kerja juga oke aja, aku rasa nggak ada salahnya kok bertahan. Tapi kalau dari kamu nya juga emang udah ngerasa nggak nyaman, bisa dipertimbangkan buat cari kerjaan baru. Sebisa mungkin sambil cari-cari aja, jangan langsung resign sebelum dapet kerjaan pengganti. Good luck ya, semoga apa pun yang jadi pilihan kamu sudah kamu pikirkan baik-baik dan kamu bisa jalanin dengan baik juga! ๐Ÿ™‚ย 

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Halo, Firda!

Menurutku, coba dipastikan dulu, apakah kamu bisa dapat pengalaman dan pelajaran yang banyak selama di sana? Dan apakah kamu merasa nyaman selama bekerja di kantor tersebut? Kalau jawabannya iya, nggak masalah untuk ambil tawaran tersebut. Selain itu, pengalaman di tempat lain juga bisa kamu raih dengan jadi freelance, kok.

Kalau kamu memang tujuannya untuk cari pengalaman, 3 tahun kontrak itu bisa kamu jadikan batu loncatan untuk dapat pengalaman kerja di tempat yang lebih baik dan lebih menantang juga tentunya. Biasanya, perusahaan juga mempertimbangkan pengalaman kerja berdasarkan durasi, bukan cuma posisinya aja. Ini digunakan untuk mempertimbangkan loyalitas seseorang.

Apapun yang kamu pilih, semoga bahagia dan berjalan lancar, ya!