Lewati ke konten utama
Tini Agustin
Event Creator & Marcom
Bertanya 5 bulan yang lalu

Bebs, selama menjadi seorang freelancer pernah ga kalian terima project yangmemang bukan di bidang kalian?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Pernah! Aku pernah ambil project bikin semacam aplikasi untuk sebuah retail HP dari macro excel. Dengan basic yang bukan anak IT, ini terbilang nekat. Yaa ngerti sendiri lah ya kak kalau VBA Excel mainnya pakai coding. Nah tapi itu aku jadiin challenge buat aku. Seberapa bisa aku belajar dan ga nyerah buat otak-atik.

Sedihnya, si client malah minta revisi ini itu. Sempet sebel dan kepikiran nyerah aja pas di tengah karena engga ngerti lagi harus diapain. Trus tapi keinget hal-hal yang udah dikorbanin (terutama waktu), akhirnya aku lanjutin lagi. Sebagai solusi, aku nanya ke temenku yang lulusan Ilmu Komputer tentang masalah2 yang ga bisa aku selesain dan cari di google. Alhamdulillah akhirnya kelar setelah entah revisi ke berapa. Aku bangga banget sama diriku yang ga nyerah. Eh senengnya, lagi, si client ngasih aku fee 2x lipat dari yang aku ajuin. Dia bilang di appreciate kerja aku :')

Hallo Tini!

Jujur aku pernah menerima side job yang bukan di bidang aku sama sekali yaitu jadi wedding organizer. Sebetulnya aku bantuin temen deketku buat menghemat budget. Dan kebetulan aku sering yang namanya jadi bridesmaid gitu. Jadi saat itu aku nerima tawaran itu (beneran dikasih upah lho bukan cuma dikasih makan apalagi say thank you doang).

Seru banget sih ternyata nggak kebayang. Malah jadi akrab sama kedua belah pihak keluarga gitu. Untungnya sih semua berjalan lancar, yang penting aku harus selalu siap kalau ada yang diperlukan dan memastikan rundown nya berjalan tepat waktu dan sesuai arahan. Capek, sih, cuma seru banget! Pas jadi bridesmaid tuh malah rasanya kaya cuma buat cantik-cantikan doang gitu, pas ngerasain jadi ala-ala wedding organizer ini aku malah ngerasa beneran berguna gitu. Puas!

Pernah, bahkan sampai sekarang seperti keahlian ku sebagai freelancer. Alhamdulillah mengasah kemampuan baru sih. Tadinya aku nggak nyangka kalau bisa menulis materi pelajaran SMA. Bahkan materi nya berhubungan dengan ilmu sosial. Background ku adalah ilmu sains.

Sedikit banyak menjadi wawasan tambahan dan materi baru untuk dikuasai. Eeh ternyata materi itu berguna waktu aku ikut tes CPNS beberapa saat setelah mengerjakan proyek itu.

Tetapi, karena memang bukan bidangku, aku membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Karena aku pikir nggak mungkin aku asal menulis materi, sedangkan tulisanku akan dibaca oleh anak-anak yang membutuhkan materi tersebut. Benar saja, beberapa kali aku harus revisi tulisanku untuk menjadi tulisan yang diinginkan si pemilik pekerjaan.