Lewati ke konten utama
Girl We Can
Moderator
Bertanya 7 bulan yang lalu

Bebs, sekarang udah lumayan banyak pekerja yang punya side job demi menambah penghasilan. Nah, kalau kamu sendiri termasuk orang yang pengin punya side job juga kah? Kalau iya, kenapa?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Punya side job udah pasti mau banget. Punya side job di jaman sekarang emang udah ga aneh, dan ga jarang lagi. Mungkin karena kebutuhan hidup yang meningkat juga kali ya... kalo ibu rumah tangga kayak aku berasa banget saat harga sembako mulai naik terus, bensin juga fiuuuuhhh. 

Jadi sebetulnya keinginan punya side job itu awalnya terdorong karena finansial, soalnya gaji bulanan sudah kurang mencukupi. Tapi memang pada akhirnya side job ini jadi hal yang yang menyenangkan. Selain bisa menutupi kekurangan finansial, side job ini bisa ngebantu mengeksplore kemampuan aatau skill kerja kita yang sesuai dengan passion. Kreativitas juga harus sering dan lebih terasah, karena project yang dimbil terkadang membutuhkan itu. Beda dengan pekerjaan kantor yang memang kesehariannya secara monoton masih begitu-begitu aja, juga terbentur dengan regulasi dan anggaran kantor yang memang sering sangat terbatas. 

Nah, dengan side job inilah kadang semua ide, skill yang terpendam jadi tereksplore semuanya. Dan kita juga mengerjakannya dengan fun. Cuma ya memang harus mau berkorban lagi sedikit waktu, disaat selesai kerja kantor yang harusnya kita menikmati masa istirahat kita, harus dikorbankan sebentar untuk mengerjakan side job kita. Tapi, kalau kita sudah terbiasa begini, lambat laun timing pengerjaan kita jadilebih teratur. kita jadi bisa punya limit waktu pengerjaan side job dalam sehari. Jadi, waktu dan tenaga kita tidak terlalu terkuras begitu banyak, dan energi untuk kerja kita yang wajib masih banyak juga.... Happy working everyone....

Aku belum bekerja. Tapi aku ingin dan beberapa tahun lagi akan bekerja. Aku punya cita-cita yang ingin aku capai yaitu konsultan. Karena aku punya beberapa hobi seperti menulis dan fashion, aku udah punya rencana nanti ketika aku sudah bekerja aku akan tetap menulis dan membuat brand fashion disamping pekerjaanku sebagai konsultan nantinya insyaallah. Menjadi penulis bisa sebagai pekerjaan sampingan ku. Bahkan saat ini aku sudah mulai menulis untuk beberapa platform salah satunya adalah girl we can. Aku juga sudah mulai merintis bisnis fashion walaupun belum punya brand sendiri tapi sedikit sedikit sudah dimulai walaupun online shop yang aku punya masih sangat kecil tapi pelan-pelan kita bangun. Oh iya btw saat ini aku masih gap year, jadi kegiatan aku diatas selain untuk merintis hal yang ingin aku lakukan beberapa tahun kedepan juga aku mengisi waktu luang selain belajar sih sebenarnya haha 

Kenapa aku ingin mempunyai pekerjaan sampingan? Sebetulnya karena aku punya cita-cita dan hobi di sektor yang berbeda. Jadi aku merasa sebetulnya cita-cita dan hobi aku itu bisa dijalankan bersamaan. Walaupun nantinya porsi untuk hobi aku dan pekerjaanku akan lebih besar di pekerjaanku sih karena aku punya target yang cukup besar di bidang pekerjaan yang ingin aku geluti nantinya. 

Jadi sebetulnya keinginan aku nanti untuk memiliki side job bukan karena ingin memupuk kekayaan tapi karena memang aku suka dan tertarik di beberapa bidang. 

 

 

Hai, 

Kalau berdasarkan pengalaman pribadi sih, aku juga ngejalanin side job kok saat masih kerja kantoran, soalnya selain buat nambah penghasilan juga bisa nambahin tabungan. Biasanya gaji bulanan yang aku terima dari kantor hanya cukup untuk keperluan sehari-hari dan disisain sedikit untuk nabung dan investasi, kalau sisa juga sih.

Sedangkan kadang kan kita perlu kebutuhan lain. Apalagi kalau kerja kantoran, di mana dituntut dengan penampilan. Jadinya ya harus ada anggaran esktra untuk masalah penampilan. Belum lagi kalau tiba-tiba ada dana membengkak yang sifatnya mendadak.

Aku sendiri ngejalanin side job yang menyenangkan untukku. Soalnya aku bisa menyalurkan hobi di situ. Jadi gak cuma dapat penghasilan tambahan aja tapi juga ada rasa puas, senang dan bangga karena kita melakukan apa yang kita sukai. Tapi kalau kamu pengen punya side job, juga harus bisa bagi waktu dengan cermat ya.

Sebab di kantor kita dituntut untuk melakukan pekerjaan ini dan itu dan jam kerjanya jelas. Harus sesuai target dan waktu yang ditetapkan. Sementara pekerjaan side job juga memerlukan pikiran dan tenaga yang fresh. Kalau mau milih pekerjaan side job sebaiknya yang sesuai dengan skill dan kemampuan yang kamu punya. Pastikan juga waktumu ada untuk itu.

Karena dengan itu, kamu akan lebih enjoy ngejalanin pekerjaan itu. Apalagi kalau udah hobi, dijamin kamu bakalan enggan ninggalin side job tersebut. Jadi, apa kamu juga tertarik untuk punya side job? Kalau iya, gak hanya pemasukan aja yang bertambah tapi side job yang sesuai hobi juga bisa memberikan efek senang dalam diri. Meski begitu tetap ingat soal jaga kesehatan ya.

Side job bagiku bukan hanya sekedar menambah penghasilan bulanan. Walaupun itu juga termasuk alasan dibalik pengambilan side job ku, hehe. Tetapi, alasan utama yang mendasar pengambilan side job karena aku ingin waktu ku bermanfaat. Pekerjaanku sebagai analis QC di sebuah distributor bahan kimia tidak membuat waktuku habis tersita oleh pekerjaan. Bahkan terkadang setengah hari kerja ku habis ku gunakan untuk bermain handphone di kantor.

Lama kelamaan aku merasa hidupku ngga bermanfaat karena sibuk scrolling instagram, cepat membalas wa teman-teman, bahkan sempat mendapatkan skor tinggi di permainan yang terpasang di handphone ku. Oleh sebab itu, aku memikirkan cara untuk menghabiskan waktu dengan lebih bermanfaat dan bisa menghasilkan sesuatu.

Akhirnya aku mencoba browsing beberapa jenis pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak modal, tidak menghabiskan waktu dan yang terpenting bisa dilakukan dimanapun. Banyak saran untuk menjadi seorang penulis lepas, namun aku tidak memiliki bakat maupun pengalaman dibidang itu. Lama mencari, aku pun bertemu dengan sebuah situs yang mampu menghubungkan pekerja lepas dengan para pemberi kerja.

Bebs, sekarang udah lumayan banyak pekerja yang punya side job demi menambah penghasilan. Nah, kalau kamu sendiri termasuk orang yang pengin punya side job juga kah? Kalau iya, kenapa?

Sejak saat itulah aku mulai menghabiskan waktuku untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanku dan selalu berusaha bersikap profesional. Terkadang rasanya aku tak memiliki waktu untuk diriku sendiri sih, bahkan terkadang rasanya waktu tuh tak cukup jika hanya 24 jam. Tetapi aku bersyukur karena dari pekerjaan sampingan ini juga lah aku bisa membantu orang tua ku.

Iya, saya pun salah satu orang yang sudah memiliki pekerjaan full time, namun tetap memiliki pekerjaan sampingan, dimana menjalankan pekerjaan sebagi freelance.

Kalo ditanya kenapa, sebenarnya awal dari memutuskan untuk jadi freelance itu ketika aku masuk ke suatu divisi yang bisa dibilang pekerjaannya tidak terlalu banyak menyita waktu ku, dalam artian ada sisa waktu luang yang mau aku manfaatkan untuk ngerjain pekerjaan lain yang lebih produktif dibanding aku hanya menghabiskan waktu untuk hal-hal ga penting.

Jadi memang awal tujuannya ingin memanfaatkan waktu luang yang ada buat hal produktif dan alhamdulillah dengan adanya side job juga bisa nambah penghasilan.

Nah kenapa dulu milih jadi freelance, pertama karena kita bisa atur ya jam kerja dan pekerjaan sesuai yang kita mau, mau ngerjain berapa project dan lainnya. Terus juga freelance kan lebih mudah dulu, dapat langsung dijalani. Kalo punya usaha segala macem, dulu belum memungkinkan aja, karena kan yang namanya merintis usaha pasti butuh planning yang bener2 mateng, dan lebih sulit kalo menjalani usaha sekaligus bekerja full time. Akhirnya kenapa menjadi freelance itu keputusan yang tepat aja buat di jadiin side job. Itu sih kalo alasan awal ku milih untuk punya side job juga. Apalagi saya juga masih di usia muda, pengennya banyakin hal-hal produktif aja.