Lewati ke konten utama
Tini Agustin
Event Creator & Marcom
Bertanya 4 bulan yang lalu

Bebs, pernah kepikiran atau mencoba ikutan seleksi CPNS ga?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Bukan kepikiran lagi haha dulu aku pernah sekali ikutan tes CPNS. Waktu itu tahun 2013 atau 2014 gitu, agak lupa exact yearnya. Kira-kira tahun-tahun segituan lah. Di salah satu instansi pemerintah. Berangkat subuh, desek-desekan di kereta, nyasar dulu ke antah berantah, tapi nyampe kok akhirnya. Ngalamin deg-degan luar biasa kedua kali setelah UN pas sekolah dulu. Jujur semakin deg-degan karena kepikiran orangtua di rumah. Pamitnya mau tes CPNS, pasti orangtua udah berdoa dengan penuh harap, jadi takut banget banget ngecewain.. Dan pas itu emang belum rezekinya, pulang dengan melow karena kepikiran orangtua di rumah gimana ya? pasti kecewa. Ternyata ketika udah di rumah alhamdulillah orangtua ngerti dan malah nenangin aku. Semenjak itu belum tertartik lagi buat ikutan tes CPNS, mungkin karena udah terlanjur nyaman juga sama kerjaan ku yang sekarang.

Sepanjang aku punya kesempatan untuk tes cpns, aku nggak pernah berniat untuk ikutan. Karena melihat orang-orang semangat untuk mengikuti tes CPNS, aku malah males duluan. Tahun 2017, aku diminta teman-temanku untuk mencoba mendaftar ke salah satu instansi. Aku pun mencoba keberuntungan, tapi saat itu aku melakukannya di akhir waktu pendaftaran. Ternyata, aku kurang memperhatikan kelengkapan dokumen, sehingga aku tak lolos tahap administasi.

Karena satu dan lain hal, tahun 2019 aku ikut lagi di instansi yang sama. Kali ini, aku sangat memperhatikan apa saja yang dibutuhkan sebagai kelengkapan administrasi. Kabar baik pun kudapatkan, aku diberi kesempatan untuk tes SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar. Namun, hasil perangkingan tidak menunjukkan kabar baik.