Lewati ke konten utama
Pertanyaan
Money
Eci SaviraRimma.co Team
Community Specialist
Bertanya 2 tahun yang lalu

Bebs, biasanya berapa sih budget kuota internet kamu selama 1 bulan?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

klau aku si 100.000 untuk 3 bulan jadi 1 bulan 33.000 ya..

150 ribuu buat unlimited lgsg yg paling gede :))

Kalo aku 100k, ini diluar budget pulsa untuk telp gitu. Emang biasa kalo internet hp pake paket yang harganya under 100k, bukan unlimited sih, karena sebisa mungkin di rumah dan kantor pake wifi juga haha jadi kadang sebulan juga masih ada sisa kuota

Kalo buat internet aku di sebulan cuma ngabisin 75 ribu aja. Soalnya penggunaan internet diluar kantor atau rumah ga begitu banyak, karena udah ada wifi juga, jadinya kadang masih ada sisa juga.

Penggunaan internet di luar rumah atau kantor juga ga macem-macem sih. paling buka whatsapp sama instagram, ya nonton drakor sekali-kali sama webtoon. Sebenernya yang paling dahsyat banget sedotin kuota itu kalo ada yang kirim-kirim video atau photo di whatsapp, makanya aku selalu matiin tuh, biar ga otomastis ke download video sama photo. Selain itu aku juga rajin matiin notif instagram hehehe, buka instagra juga dibatesin biar ga kebablasan. Apalagi youtube wah kalo lagi ga pake wifi aku ga pernah buka... 

Terkecuali kalau memang ada beberapa event diluar kota, 75 ribu itu berasa bentar banget ga nyampe satu bulan udah abis aja hiks... karena yang kita pake banyak banget, kirim file, photo, report sama video juga. Itu yang bikin tekor budget kuota. Untungnya ada uang ganti kuota hahaha... kalo eventnya terus-terusan ga ada uang reimburst, wah rugi bandar kita.

Kalo untuk telpon sebulan aku cuma ngabisin 50 ribu aja, itu pun suka masih ada sisa. Soalnya sering dapet bonus telpon gratis dari si provider kesayangan hihihi. Aku selalu membatasi pembelian kuota setiap bulan termasuk anak dan suami, bukan pelit sih, tapi lebih belajar bijak menggunakan kuota hehehe...

Hai, mbak @Eci Savira24 

Kalau bicara soal kuota internet sih, aduh sebenarnya kalau aku sedikit. Karena bukan tipe yang rajin open2 YouTube atau streamingan ya.

Nah, tapi aku mau share nih soal inetku tiap bulan. Jadi sejak pakai smartphone, aku beli kuota paketan sesuai provider, maksimal paling 50 ribu lah haha, itu jadul....

Pada akhirnya juga justru kerjaan berubah. Dari yang ngantor, jadi ke freelance writer, otomatislah kebutuhan akan kuota internet naik berlipat2. kalau awalnya sih cuma ambil paketan yang murah dari salah satu provider, tapi bisa dua kali beli. karena ini aku pakai buat modem juga. Jadi kalau pas pakai modem, ya otomatis pakai dua provider, entah berapa habisnya kala itu, paling cuma 100ribuan ya, cuma buat kerjaan sama app perpesanan.

Tapi lama kelamaan kerjaan makin banyak dan ngebutuhin online everyday, jadinya aku kelabakan soal internet. Bukan masalah kecil besarnya kuota, yang aku butuhkan itu koneksi aman tanpa gangguan sinyal. Padahal yang namanya kuota inet paketan mau pakai provider apapun akan sama saja, karena ngaruh soal sinyal. Lokasi juga gitu. Apalagi rumahku kawasan pemukiman kayak gang kecil gitu walaupun posisi di kota, tetep aja akan keganggu soal sinyal.

Jadi aku ambil pilihan saja gunakan indihome. Jadi pas pasang awal juga pas gak ada pilihan promo. Jadi langsung kena 300an gitu per bulan. Aku oke aja karena need it. Dan itu sudah jalan 3 tahunlah pakai indihome. Tapi, malah pernah kena 400an karena tiba2 ada perubahan.

Selain bayar 300an per bulan, aku juga tetep pakai kuota internet buat ponsel. Ini kan intinya buat jaga2 kalau pas listrik mati atau ada gangguan sama indihome, plus kalau aku keluar sudah pasti butuh kuota inet. Biasanya kuiisi paketan yang gak terlalu mahal, haha palingan 25 ribu sampai 50ribu sesuai provider mana yang mau kuiisi sih. haha cari yang paket kecil aja karena percuma juga kalau beli mahal2. Kan tiap hari juga udah pakek wifinya indihome. Jadi totalnya kuhabiskan 400 lah buat jatah internet aja.

Kalau aku sebenernya budget kuota internet dan pulsa hp sih Rp 150.000,00 tiap bulan. Nah dari situ biasanya aku beli kuota internet seharga Rp 115.000,00 untuk 30 hari. Tapiii biasanya udah habis sebelum tanggal gajian lagi nih. Atau aku belinya terlalu cepat jadi habisnya tetap sebelum tanggal gajian. Hiks sedih.

Kesalahanku juga sih karena aku sering banget streaming youtube buat nonton channel nya Andhika Pratama & Ussy Sulistyowati, nonton Mata Najwa, dan beberapa channel youtube yang menarik di beranda. Padahal ini udah di support dengan penggunaan wifi saat berada di kantor loh. Boros banget ta berarti aku? Huhuhu.

Jadinya over budget sih, tambah sekitar Rp 40.000,00 untuk tambah kuota selama 1 minggu hingga tanggal gajian tiba. Dan itu udah harus hemat banget karena harga segitu hanya untuk 3GB. Tambah kuota itu suatu keharusan sih menurutku karena rasanya ada yang kurang jika tak punya kuota internet.

Aku pun nggak mengisi pulsa hp dalam jumlah besar karena biaya telepon dan sms sudah tak semurah dulu. Pembelian kuota internet di awal juga sudah mencakup kuota telepon dan sms juga sih untuk menyokong hidup sebulan.

Provider yang ku gunakan adalah Telkomsel ya. Bukan bermaksud untuk sombong atau gaya. Tapi karena di kosanku hanya sinyal telkomsel yang bisa tertangkap dengan baik.

kamu pasti kaget kalau aku ceritain WKWKWK soalnya paketan internet ku murah banget (tanpa wifi di rumah lho).

jadi aku pakai provider 3. nah suatu ketika 3 ini ngeluarin paketan 2GB/hari sebesar Rp 1.500 (24 jam pula!). murah kan? murah banget~ bayangin aja sebulan dapet 60GB dengan biaya kurang lebih Rp 45.000 doang wkwkwk

sejauh ini sih nggak pernah ngrasa kekurangan kuota KECUALI kalau weekend. kenapa? kalau weekend kan rebahan doang tuh? main instagram, twitter, nonton youtube, jadi 2GB itu bisa habis deh. tapi kalau weekdays, kalau pagi-sore kan ngantor (pakai wifi kantor), pulang ke rumah biasanya udah capek jadi udah nggak terlalu main media sosial atau nonton youtube, jadi ya makin hemat deh~

terus sekarang paketan itu masih ada nggak?

sayangnya udah nggak ada bebs :( sekarang paketannya jadi 5GB/hari, Rp 5.000. tapi jamnya dibatas2in. misal jam 00.00-09.00 4 GB, sisanya 1 GB, macem gitu lah. ini paketanku pun perpanjang otomatis. jadi aku nggak boleh kehabisan pulsa. kalau pulsaku habis, nanti paketan itu akan gagal memperbarui. kalau selama 3 hari gagal memperbarui, hangus deh paketannya. kan sayang banget :(

sumpah aku ngakak banget tiap ditanyain masalah kuota per bulan soalnya aku bisa dapet harga paket data yang sangat amat terjangkau wkwkwk dan biasanya orang-orang yang aku ceritain langsung pada iri =D

Tiap bulan bisa beda beda wkwk 

Biasanya sih sekitar 100 ribu atau mungkin bisa kurang yaaa kalau aku pakenya hemat. Kebetulan aku di rumah nggak ada wifi jadi aku kalau kerja ya pake kuota data. 

Aku pakai dua provider dan dua hp. Jadi hp yang satu itu hp pribadi aku. Nah yang satunya lagi itu hp kerjaan. Di hp pribadi biasanya aku isi 50ribu itu biasanya aku pakai cuma buat whatsapp sama twitter yang paling sering dan tiap hari aku pake. Kalau youtube sama instagram kadang-kadang sih soalnya aku ngga begitu sering buka instagram kecuali buat kerjaan dan kalau youtube paling kalau lagi pengen aja atau kalau youtubers yang aku subscribe upload video baru yang sekiranya menarik baru aku nonton youtube. 

Nah kalau hp yang satunya lagi itu bener-bener buat kerjaan. Buat nulis kalau misalnya mager buka laptop atau buat bikin konten di online shop aku. Upload konten dan segala macem itu aku pake hp yang khusus buat kerjaan. Aku beli kuota internet di hp kerjaan itu sekitar 30 ribu perbulan. Lumayan irit sih pake provider ini haha 

Kalau misalnya aku pengen suasana kerja yang beda biar nggak bosen biasanya aku ke kafe sih nah di kafe kan ada wifi tuh jadi lumayan irit kuota karena pakai wifi wkwk

Ainun Fatmawati
Owner AyMsGlow dan Freelancer aktif

Halo Kak..

hemm kalau menurutku sih rasanya sekarang aku jadi orang paling hemat sedunia hehehe .. Gimana enggak coba, sebulan aku cuma habisin uang 75rb untuk kuota unlimited sebulan.. Aku pakai kartu Smartfren unlimited, jadi aku sekarang bebas mau streaming lagu, Youtube atau filem terserah.

Cuma dalam sehari biasanya dibatasi penggunaan 1GB untuk kualitas gambar yang bagus dan setelah melewati 1GB gambar akan berubah menjadi kualitas rendah. Tapi gak apa apalah yang penting masih bisa untuk berkomunikasi, dan nonton filem.

Ada beberapa tips dari liputan6 nih kak biar kuota bisa hemat, ikuti tipsnya yaa:

  • Gunakan mode offline atau pesawat saat berada di kendaraan dalam waktu yang lama. Selain menghemat kuota juga akan menghemat daya smartphone Kita.
  • Jika Kalian tidak ingin menggunakan mode offline, Kalian bisa mematikan paket data sementara waktu jika sedang tidak dibutuhkan.
  • tips yang ketiga, aktifkan notifikasi yang akan memperingatkan Kita saat melampaui batas koneksi internet. Dengan begini akan muncul notifikasi saat Kita menggunakan internet secara berlebihan.
  • Tips yang kelima adalah nonaktifkan auto download. Nah ini berlaku jika Kalian memiliki grup WA atau Tele yang cukup banyak. Sebaiknya jangan aktifkan download otomatis. Ini bisa menguras internet cukup banyak. banyak yang tidak tau tips yang satu ini.
  • Batasi penggunaan aplikasi Kalian. Gunakan aplikasi yang benar2 Kita butuhkan saja. Yang penting dan paling sering digunakan. Semoga bermanfaat ya kak.

Paling-paling 50rb an sih. Itu juga soalnya di kampus dan dikosan ada wifi xD

Jadi biasanya itupun masih nyisa. Nah trus agar tidak mubazir, aku suka beli kuota yg masa berlakunya ga cuma 1 bulan kak.

Mungkin Kak Eci heran, ya temen2 aku juga banyak yang heran sih. Kok bisa? Nah itu karena sebenernya aku tuh ga terlalu suka pegang hp. Kalaupun scroll sosmed kaya ig gitu di tempat yg ada wifi hehehe.

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Paling mentok 75 ribu, Kak. Soalnya di kos aku juga pake wifi, dan di kantor juga aku pake wifi. Jadi kuota internetku paling kepake kalau lagi pergi aja hehe

Pemakaian kuota internet selama satu bulan bagi masing-masing orang berbeda-beda. Tergantung pada kebutuhan atau jenis alokasi apa saja yang digunakan. Masing-masing operator pun mematok tarif dan besar kuota yang berbeda-beda per transaksi.

Jika pemakaian hanya sebatas WA dan browsing google, maka pengeluaran kuota yang dibutuhkan hanya sekitar 5 sampai 10 GB. Itupun tergantung pada banyaknya media yang diakses melalui aplikasi whatsapp sendiri. Seperti foto, video dan link menuju laman tertentu.

Namun jika pemakaian lebih luas mencakup aplikasi Instagram dan Youtube maka kuota akan tersedot lebih besar pula. Mungkin dalam waktu satu bulan rata-rata kuota yang habis dipakai adalah 20 - 30GB. Kembali lagi pada seberapa sering Anda membuka kedua aplikasi tersebut. Untuk informasi bahwa pemutaran video pada aplikasi Intagram memang membutuhkan kuota yang cukup banyak.

Jika Anda seorang penjual online yang mempunyai toko online, ini juga memerlukan stok kuota yang cukup banyak di operator telepon Anda. Menyediakan 15GB lebih kuota per bulan setidaknya menjadi keharusan agar Anda dapat memantau dan lancar bertransaksi di online shop. Sebab, pemakaian kuota untuk online shop memang tergolong cukup banyak.

Untuk sosialita, para vloger dan konten kreator, kuota 30GB ke atas akan menjadi asupan ponsel Anda setiap bulannya. Anda sendirilah yang mampu memutuskan dengan bijak, penggunaan apa saja yang paling ideal untuk Anda setiap bulannya.

Ajenk Rama
Content Writer & Author Books

Hai, bebs.

Kalau aku sejak di rumah aja nih, lumayan niak pemakaiannya dari yang biasa cuma 100ribu cukup sebulan, bahkan masih ada sisa kuota dan hangus. sekarang jadi 150ribu paling cuma 2-3 minggu soalnya sering buka IG atau website buat nyari bahan kerja, nonton streaming. 

Yang paling kerasa sih, ya itu ntn streaming bisa ngabisin setengah kuota. Aku ngakalinnya pake kuota pagi atau tengah malan pas ntn biar kuota regularnya nggak kesedot banyak.