Lewati ke konten utama
Pertanyaan
Pejuang Kuliah
Girl We Can
Moderator
Bertanya 5 bulan yang lalu

Bebs, ada yang pacaran sama cowok 1 kampus kah? Pro kontra nya apa aja sih?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Dulu aku sempat pacaran sekampus. Pro nya banyak. Sebagai tim hemat ya aku diantar jemput so pasti dia keluar uang. Terus 1 fakultas walaupun beda jurusan ya mirip-mirip mata kuliahnya jadi bisa belajar bersama hahaha. Dsb dst~

 

Kontranya apa yaaa. Mau bilang nggak tahu tapi kok dulu putus, ya? :))

Akuuuh 😆 aku malah sekelas. Kita pacaran dari awal sem. Pro-nya ya itu betul, ada yg anter jemput dan gampang cocokin jadwal kalo mau ngedate krn kelas hampir selalu sama. Terus pas lagi bucin2nya ga perlu nahan kangen krn hampir tiap hari keobatin dg ketemu langsung 😆😆

Kontranya duh jangan ditanya. Namanya pacaran selokasi pasti kontranya ya pas lg berantem. Orang2 sekelas pd tau sampe dosen2 yg tau kita pacaran jg tau (dan suka ngecein 😝) kan risih ya apalagi kalo kita lg ga pengen ketemu sm dia misal. Satu lg kontranya kalo lg berantem dan kita kebtulan lg 1 kelompok paper, itu kalo ga profesional bisa ngaruh ke koordinasi tim 😂 pokonya pronya banyak, kontranya juga banyak. Tapi semuanya terlewati until we're finally married 😆

Wuhahaha, aku dulu pernah! Senior pulak!

Lebih merasa banyak pro-nya, sih. Seperti nggak diganggu senior lainnya (hehe :p), dapat hibah materi kuliah (karena 1 fakultas, jadi beberapa sama bukunya), makan di kantin bareng, bisa pulang-pergi bareng.

Kontra-nya, apa, yaa.... malah jadi ketergantungan, sih. Apa-apa harus bareng. Apalagi kalau tahu jadwal masing-masing. Mungkin itu salah satunya, sih. :)

WKWKWKWK. Jadi flashback deh.

Sebenernya aku belum pernah pacaran 1 kampus, tapi deket (dan orang bilang kami tuh sebenernya udah di tahap pacaran) sama temen sedepartemen pernah.  Ada kali itu 2 tahun kami deket. Awalnya sih karena ikut salah satu acara eksplorasi ke gunung ciremai, eh malah jadi keterusan. Apalagi kami banyak kesamaan dan banyak ikut club dan kegiatan yang sama. Otomatis frekuensi ketemu dan ngobrol makin sering, jadi ya.... gitu lah hehehe. Oh iya, ini aku spesifikin jadi 1 departemen aja ya kak xD

Pro pacaran 1 departemen:

  1. Sering ketemu
  2. Bakal saling percaya soalnya mau bohong juga pasti ketahuan
  3. Bisa belajar bareng
  4. Pulang kampus bisa langsung cus makan atau ke mana gitu wkwk soalnya jadwalnya samaan
  5. Kalo ada tugas biasanya ditemenin

Kontra:

  1. Buat orang yg bosenan pasti ini masalah banget sih xD
  2. Kalo lagi ada masalah pasti keciri dan diceng2in temen kelas
  3. Gak ada sih kayanya xD

sedang gue alami. sekelas malahan. pro nya adalah kita lebih banyak ketemunya , ada yang backup kalau kita saling sibuk. kontranya adalah ketika kita lagi marahan ketara banget canggungnya. terus bisa gerak gerik kita di awasi dengan mudah, sering  di cengin sama temen-temen dan dosen.

Pernah hahaha pada jamannya satu angkatan juga, pronya ada sih, ya meskipun dia ga ada kuliah masih mau anter jemput gitu (bucin kali ya, kalo jaman sekarang hihi), jadinya uang bulanan hemat banget. Kadanga juga suka dibawain makanan gitu, kalau ada tugas kampus suka dibantuin jadi ga pusing sendiri. 

Cuma ya gitu pacaran satu kampus jadi berasa kayak monoton gitu, ketemu tiap hari. Jadi bahasa kangen tuh hampir ga ada, berasa gampang bosen. Selain itu kalo satu kampus berasa ga bebas aja gaul sama yang laen, apa-apa ditungguin, diliatinlah, sedikit sama si ini di komplain, sama si itu ga boleh. Apalagi kalo lagi berantem waaaahhhh... satu kampus hampir padatau semua, sampe dosen aja tau. Dan kadang ga bisa disembunyiin aja gitu kalo lagi berantem. Jadinya kayak ga ada privacy berdua gitu, hampir semua masalah tau. 

Mungkin karena satu kampus itu dan kebiasaan-kebiasaan dia yang dilakuin itu jadi bikin ketergantungan. Ga mandiri gitu, suka ngerasa cemas kalo lagi ada sesuatu hal pas dia ga ada. So, kalo aku sih pacaran satu kampus kayaknya lebih banyak kontranya deh. Makanya pacaran satu kampus waktu itu ga berlangsung lama, cuma bertahan 3 bulan aja. Memang masa kuliah aku sih lebih asik bergaul dengan banyak orang tanpa harus takut ada yang cemburuin atau takut ada yang ngomelin. hehe....

aku belum pernah pacaran sama cowok satu kampus sihh hahaha tapi ini oponiku yaa soal pro kontra pacaran sama teman satu kampus

Pro nya bisa ketemu tiap hari sih kalau satu angkatan atau bahkan satu kelas jadi ya mengurangi intensitas kangen gitu lah yaa karena ketemu hampir tiap hari. Terus bisa belajar bareng, ngerjain tugas bareng dan kalau ada materi yang nggak ngerti kita bisa saling diskusi sama pacar. Nah ini juga poin plus menurutku kalau pacaran sama cowok satu kampus kita punya temen ngobrol yang lebih nyambung  karena mempelajari ilmu yang sama. jadi sedikit banyak perspektif kita mirip gitu sama si pacar walaupun perbedaan pendapat itu pasti ada yaaa. Enaknya lagi kita bisa pinjem buku ke dia jadi irit kan tuh nggak usah beli buku lagi. Apalagi kalau dia itu senior kita wahh enak banget deh tinggal pake buku lengserannya dia dan bisa minta diajarin juga kalau ada materi yang gak paham karena dia senior dan lebuh ulu belajar mata kuliah itu. 

Kontra nya kalau menurut aku seandainya putus kan jadi aneh gitu apalagi yang tadinya suka belajar bareng dan pinjem-pinjeman buku  karena putus terus jadi nggak pernah pinjem-pinjem buku lagi. Itu masuknya efek ketergantungan sih kan awalnya pas pacaran kita bisa minta tolong dia tentang ini dan itu. Terus pas putus ya harus terbiasa lagi untuk apa-apa sendiri wkwkwk ><

Hmm, cerita dikit ya...

Dulu aku pernah pacaran sekampus tapi beda jurusan sih. Cuma menurut aku lebih banyak kontranya. Soalnya dia cenderung ngajak backstreet dari teman-temannya. Bahkan ketemu aja jarang, satu bulan sekali. Padahal itu satu kampus dan kadang jadwal kita barengan. Tapi boro-boro tegur sapa, kalau ketemu aja kadang dia berpaling. Sakit emang, tapi gak berdarah. Walau bertahan cukup lama, kurang lebih satu tahun dan dihiasi putus nyambung akhirnya kita pun putus beneran. Sekarang aku udah bahagia dengan pilihanku sendiri.

Credit foto: okezone
Credit foto: okezone

Tapi pronya juga ada sih, sedikit. Jadi nambah semangat kalau mau pergi ke kampus. Semangat jaga penampilan dan gak mau kalah dalam segi prestasi. Apapun yang udah dia lakuin di masa lalu itu aku anggap sebagai pelajaran. Karena kalau aku gak ketemu sama dia dulu, gak mungkin aku jadi diriku yang sekarang.  

Gimana pun dia udah ngajarin aku caranya berpikiran dewasa, gimana harus ngalah dan cara jaga perasaan supaya gak menggebu-gebu gak jelas. Well, buat kalian yang juga pacaran satu kampus atau sekelas jalani aja. Karena kamu gak akan pernah tahu akan berakhir seperti apa tanpa dijalani. Kadang putus cinta itu emang sakit, tapi kalau kamu gak beranikan diri buat mencoba maka kamu gak akan pernah tahu rasanya. Enaknya juga kalau pacaran satu kampus tuh kamu bisa tahu apa aja gosip yang beredar tentang dia, haha!

Ada dong dulu waktu kuliah hahaha, tapi namanya masih bocah ya saat itu jadi emg ga terlalu lama masa pacarannya. tapi seru sih, biar ada cerita buat dimasa skrg kayak gini.

Dulu kebetulan mantan pacar ku itu saat kuliah 1 komunitas dikampus, beda falkultas. Keuntungannya pacaran sama 1 kampus ya bisa ketemu tiap hari hahaa, kadang juga bisa bareng saat pulang/berangkat ngampus.

Kalau gaenaknya itu kalau lagi berantem/emg putus apalagi aku 1 komunitas, pasti ada canggungnya pas ketemu / emg bikin project bareng di komunitas itu. tapi seiring berjalannya waktu nanti pasti jadi biasa lagi sih. Dan terlebih kalau udah ada yg baru, ya nanti juga bisa lupa sendiri dan bisa temenan kayak biasa lagi kayak dulu. Jangan jadi musuh ya kalau udah putus ! Inget dia juga pernah ada di masa senang kita hahaa bertemen lebih baik :)

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Kebetulan aku sama pacarku satu kampus, satu jurusan, dan satu angkatan pula. Hahaha.

Pronya, banyak hal yang bisa relate ke kita, sih. Bahan obrolan jadi banyak, apalagi kalau punya minat yang sama. Bisa jadi teman diskusi yang asyik juga, lalu kalau ada materi yang ga dipahami, bisa saling bantu jelasin juga. Selain itu, kalo nongkrong jadi bisa nyambung juga karena temennya sama, hahaha. Terlebih, sekarang kami kerja di bidang yang masih mirip-mirip juga. Jadinya bisa saling belajar satu sama lain tentang kerjaan dan skill yang harus dimiliki untuk pekerjaan kami.

Untuk kontranya, sejauh ini aku belum ngerasain kontranya, sih. Belum ngerasain kerugian dari pacaran satu kampus, jadi menurutku fine fine aja.

Pernah beb wkwk, dulu aku sempet pacaran sama cowo yang satu kampus bahkan satu fakultas, satu jurusan, dan satu kelas! Wkwk, bayangin tuh bener-bener tiap hari ketemu dan tiap hari juga ada drama telenovelanya. Dari soal cemburu buta ga jelas sampe salah faham dan bohong, wah banyak deh beb, aku sampe geli sendiri kalo ngingetnya. Pro nya sih kuliah jadi semangat ya karna ada pacar yang nemenin, berasa lebih fun aja gitu kalo ngampus jadi lebih semangat buat cepet-cepet berganti hari dan ngampus lagi. Kontranya kalo udah berantem kadang suka ngeributin hal-hal yang ga penting, kaya ngerasanya gak sah aja gitu kalo di hari-hari tertentu ga berantem. Aneh banget, emang seaneh itu wkwk

Dulu aku sempat pernah pacaran satu kampus. Eh, siapa sih yang nggak pernah? :))

Pro nya banyak. Ketemu tiap hari, sekalian nebeng ke kampus, banyak waktu bersama jadi hari lebih berwarna. Bisa buat motivasi juga buat lebih rajin belajar dan malah saingan nilai. Gemes, kan? Hahaha. Sebuah hubungan yang bermanfaat :))

Kontranya, mungkin bagi beberapa orang terlalu intens bertemu bisa menyebabkan kebosanan, perselisihan atau ribut aja gitu. Oiya, bisa bikin susah bagi waktu sih, apalagi kalau lagi banyak tugas, mau ujian atau bahkan ikut organisasi. Balik lagi, sebetulnya tergantung sikap dari pasangan masing-masing. Kalau dapet yang supportive sih bagus, nah kalau posesif dan cemburuan ya bakal ribut pasti :))