Lewati ke konten utama
Hilmi Hanifah
Freelance Writer & College Student
Bertanya bulan lalu

Beb, sebenernya penting ngga sih pandangan orang lain tentang kita itu?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Ajenk Rama
Content Writer & Author Books

Hi, bebs.. 

Menirut aku, tergantung porsi pandangannya nih. Kadang, ada pandangan orang lain yang benar dan tepat untuk masalah kita tapi ada juga pnadangan orang lain yang secara nggak kasat mata malah membuat kita insecure dan menjatuhkan. Pentingnya, coba untuk memfilter pandangan orang lain buat kita klo sekiranya tepat dan bagus buat perkembangan kita, lakuin dan ambil yang positifnya tapi kalo nggak, ya nggak usah didengarin karena pada akhirnya, kita yang menjalani semuanya, orang lain hanya sebagai support system yang bisa mendukung kita, beb. 

Penting nggak penting sih, beb. Kalau pandangan mereka 'membangun', justru kita bisa memperbaiki diri lebih lagi. Malahan kita bakalan dapet insight baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. 

Tapi adakalanya pandangan orang nggak perlu didengerin sama sekali. Misalnya aja ucapan nyinyir yang bikin semangat jadi melemah, sebaiknya masuk kuping kiri keluar kuping kanan aja.