Lewati ke konten utama
Meilisa Meii
Urban Farmer Wannabe
Bertanya 4 bulan yang lalu

Beb kalian pernah kepikiran gak, "Duh udah capek2 kuliah lama di jurusan A, eh ga taunya sekarang malah asyik kerja di bidang B." ?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Wah itu yang aku pikirkan beberapa minggu belakangan ini

aku sempet "nyesel" kuliah akuntansi, karena merasa capek tiap closing akhir bulan. trus sempet kepikiran kenapa ya dulu gue ngga kuliah jurusan IT aja, walaupun kerjaannya berat tapi seimbang sama gaji yang didapatkan, atau kenapa ya gue dulu ga kuliah jurusan teknis sipil aja, cuma begitu begini bayarannya lumayan haha balik lagi keluhannya karena ke pendapatan. 

dulu sebelum kuliah mikirnya, wah kuliah ekonomi cari kerjanya gampang nih, lowongan banyak dimana mana, tapi kenyataan yang terjadi pas nyari kerja, waduuww susah bukan main, lowongan banyak, yang cari kerja lebih buaanyaaakk lagi.

makanya sekarang disyukuri aja kerjaan yang sesuai jurusan kuliah ini, karena cari kerja lagi susah

“Kuliah lama di jurusan A, malah asyik kerja di bidang B” adalah aku banget 😄 Kalau aku bukan baru kepikiran pas udah kerja, justru pas baru lulus. Pengennya kerja yang sama kayak jurusan waktu kuliah cuma udah usaha nyari kerja kayak di jurusan waktu kuliah nggak kunjung ada hasilnya sedangkan udah pengen buru-buru kerja. Nah pas kebetulan liat ada lowongan kerja walaupun nggak sesuai sama jurusanku, udah deh aku coba ambil dan alhamdulillah diterima. Setelah dijalanin asik juga dan banyak pengalaman juga pelajaran yang aku ambil. Kalau menurutku apapun pekerjaan yang kita punya sekarang walaupun gak sesuai dengan jurusan selama kita kuliah baiknya diambil sebagai pengalaman dan buat nambah-nambah wawasan kita juga. Apalagi sekarang banyak juga kan yang pada “banting setir”?

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Wah, aku sekarang juga lagi mengalami hal itu, Beb! Hahahaha.

Dulu, aku kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, dengan peminatan mayor PR dan minornya Jurnalistik. Tapi, pekerjaan pertamaku justru di bidang Advertising, yang bahkan aku nggak pernah sama sekali ambil kelasnya anak Advertising. Akhirnya aku harus belajar sana sini, tapi pas ditekuni lama-lama jadi seru juga meskipun kadang nyesel juga, kenapa dulu nggak ambil kelasnya Advertising atau malah masuk peminatan itu aja.

Sekarang juga aku lagi mengalami hal yang sama. Kerjaanku sekarang di bidang Digital Marketing, sedangkan aku nggak pernah belajar seluk beluk marketing itu gimana. Paling mentok ya cuma Marketing PR, itupun beda pendekatannya dengan marketing untuk perusahaan dengan tujuan B2B dan B2C, huhuhu. Jadi mikir lagi, kenapa aku dulu nggak langsung fokus ke jurusan terkait. Tapi, akhirnya aku menyiasati hal tersebut dengan ikut course di beberapa tempat. Kebanyakan sih, online course. Jadi biar nggak nyesel-nyesel amat, hehe.