Lewati ke konten utama
Fathnisa Tya
Freelancer
Bertanya 4 bulan yang lalu

apakah stay di satu tempat bisa jadi menghambat perkembangan kita?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Nggak juga sih sebenarnya. Aku stay di tempat kerja ku selama 4 tahun lebih beberapa minggu. Dengan pekerjaan yang sama namun berbeda suasana. Karena pekerjaanku tergantung pada banyak sedikitnya pengiriman dan barang masuk dari supplier. Suasana ini membutuhkan sikap dan perlakuan yang berbeda-beda.

Aku juga nggak bisa terlalu berpatok pada satu cara. Namun, berusaha sebisa mungkin berpedoman pada dasarnya, yaitu SOP. Dari sana kita bisa belajar bagaimana mengatasi setiap masalah yang berbeda-beda. Bagaimana kedewasaan seseorang itu tumbuh.

Lambat laun aku menyadari adanya perubahan pada diriku. Ada sisi positif yang bertambah dan tak jarang pula aku merasa ada sisi gelap yang muncul pada diriku.

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Tergantung, sih. Apakah ketika stay di satu tempat tersebut, kamu masih bisa melihat peluang atau apakah benar-benar ada peluang yang memungkinkan kamu untuk berkembang. Kalau ada dan memungkinkan, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berkembang sebaik mungkin.

Tapi kalau tempat tersebut tidak memungkinkan untuk dirimu berkembang, sebaiknya pindah ke tempat lain, deh. Tentunya, tempat yang bisa membuatmu berkembang dan mengekspresikan apa yang ingin kamu ingin ekspresikan. Selama ada kesempatan dan di tempat yang baru itu memungkinkan kamu untuk berkembang, nggak ada salahnya untuk dicoba menurutku.