Lewati ke konten utama
Fathnisa Tya
Freelancer
Bertanya 4 bulan yang lalu

apakah menambah pengalaman hanya bisa dilakukan dengan berpindah pekerjaan?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Menurut ku tidak ya.

Mungkin kalo pindah pekerjaan bisa membuat pengalaman baru lagi, mungkin iya. Karena kan pasti kita dihadapkan pada situasi yang berbeda dari pekerjaan sebelumnya, baik teman kerja, lingkungan kerjanya, bahkan pekerjaan itu sendiri. Pasti berbeda. Tapi itu bukan satu-satunya cara untuk memperkaya pengalaman menurut ku.

You will learn, you will gain the experience when you face the difficulty. Tapi kebanyakan orang justru resign pas lagi di masa-masa sulit, dibanding menghadapinya. Padahal ga semua masalah terselesaikan hanya dengan resign, It's not the best way to solve the problems.

Jadi, akan banyak yang bisa membuat kamu gain experience meski di tempat yang masih sama, pekerjaan yang sama. Apalagi target semakin tahun pasti ada target baru yang makin bikin kita pribadi mengeksplore banyak hal lagi. Itu sih menurut ku.

Big No. Pindah kerja cuma salah satu cara menambah pengalaman, bukan satu-satunya cara.

Dengan bertahan di tempat kerja yang sama, bukan berarti kita tidak bisa mengeksplor hal baru untuk menambah pengalaman. Ada banyak cara untuk mencoba hal2 baruuu bebbb.

Misalnya nih, ketika kita dekat denga salah satu rekan kerja (dalam konteks profesionalitas). Bukan tidak mungkin kita akan diajak turut serta dalam project (yang di luar kantor) ketika dia tau kapabilitas kita. Jika kita mampu, tentu dia tidak ragu untuk merekrut kita, kan?

Kita juga bisa mencari pengalaman secara mandiri. Ikut volunteer, freelance, nyoba bisnis baru, ikut workshop, dan masih buanyak cara2 lain koo kak 😄