Lewati ke konten utama
Anonim
Bertanya 6 hari yang lalu

Aku punya teman, beb. Nah, teman aku tuh cerita orang tuanya strict dan cukup obses dengan keberhasilan, cuma teman aku mulai tertekan sama sikap rang tuanya, sampe2 dia takut banget gagal atau nilainya hancur di kuliahnya. Bahkan, teman aku pake segala cara biar IPKnya nggak turun. Pernah dia dapat nilai di bawah harapan dia, ortunya marah besar. Bagi dia, nilai itu segala2nya biar ortunya nggak marah2. Jujur, aku kasian banget sama dia, tapi aku bingung harus berbuat apa.

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Hai, beb menurutku nilai itu bukanlah akhir dari segalanya. Nilai itu hanyalah angka, yang sebenernya menurutku fungsi nilai itu untuk evaluasi belajar. Kalau nilai jelek, artinya perlu evaluasi dan belajar lagi. Jadi, nilai itu bukan tujuan menurutku. Buat apa nilai bagus kalau nggak ngerti apa-apa. 

Kalau menurutku bisa mendampingi teman biar tetap semangat meski dalam kondisi terpuruk, bisa juga membagikan perspektifmu bahwa kalau nilai turun itu gak apa-apa. Kalau ortu teman marah-marah, bisa berikan penjelasan. Misalnya karena di semester ini terlalu capek, gangguan saat kuliah daring, dll dll.