Lewati ke konten utama
Girl We Can
Moderator
Membuat pertanyaan baru saja

Masalah apa sih yang biasanya terjadi di kantormu? Dan bagaimana caramu untuk menanganinya?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Tini Agustin
Event Creator & Marcom

Dikantor sih masalah apapun bisa terjadi ya... dari mulai yang satu senewen sama yang satunya lagi. Yang ini negatif thingking terus sama partner nya, macem-macem. Cuma kalo aku sih sama masalah yang kayak begini, termasuk orang yang ga mau terlalu ambil pusing, selama kita tidak pernah punya masalah dengan orang lain yang santai aja. Tapi kalo orang lainnya yang senewen sama kita, itu berarti dia yang bermasalah bukan aku. 

Cuma jika temen kitanya keterlaluan, aku pasti akan tegur dia secara langsung, dengan baik-baik tentunya. Kan sudah sama-sama dewasa ya, jadi ya sebisa mungkin menyelesaikan masalah dengan baik-baik. Kalau masih ga berhasil juga, ujungnya akan ke hrd . 

Helo, aku coba share pengalaman di sini ya.

Hmm, namanya di kantor pasti ada ajalah masalahnya. Apalagi kantor dihuni oleh sekumpulan orang yang beda karakter dan kebiasaan. Kadang kita berantem sama rekan kerja atau bahkan ada perbedaan pandangan dengan teman kerja atau atasan yang lebih tepatnya kepsek. Belum lagi nanti sama pihak yayasan ya. Kalau aku sih cenderung jadi orang yang agak masa bodoh ya sama situasi yang berkonflik. Jadi gak bikin masalah berlarut-larut atau makin panas.

Jujur, aku itu orang yang moody dan gampang banget berubah-ubah suasana hatinya. Jadi kadang juga terbawa sampai ke kantor. Kalau ada rekan kerja yang kurang berkenan dalam bertindak maupun berbicara, aku juga kadang ikutan sebel. Padahal dia lagi gesekan sama atasan.

Saat dia udah keterlaluan aku pasti ngomong ke dia. Tapi kalau udah bener-benar bad mood ya diem aja dibanding akhirnya marah-marah sama dia. Haha intinya sih jaga diri aja deh kalau udah bad mood yang asalnya dari rumah. Kalau punya rekan kerja yang sulit diatur gitu ya aku simpen dulu unek-unekku. Nanti kalau ada waktu yang pas, misal sewaktu kita lagi berdua aku baru kasih saran.

Tapi aku anggap semua konflik di lingkungan kerja sebagai hal yang wajar, mengingat emang kita kerja di sebuah instansi jadi ada aturan yang harus diikuti plus di dalamnya juga banyak sekali orang yang bekerja sama posisinya dengan kita ini. Masing2 juga memiliki tugas demi mencapai sebuah tujuan yang sudah jadi agenda tahunan karena lingkupku dulu pendidikan ya. Jadi gak boleh juga sembarangan bersikap mengingat ada peserta didik yang akan selalu melihat dan bisa menilai, bahkan bisa mencontoh.