Lewati ke konten utama
Girl We Can
Moderator
Membuat pertanyaan baru saja

Seandainya kantor tempatmu bekerja akan terjadi PHK dan kamu termasuk yang akan dirumahkan, apa yang akan kamu lakukan?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Tini Agustin
Event Creator & Marcom

Hiii, 

Kebetulan banget aku pernah mengalami ini hehe, tepatnya tahun 2014. Perusahaan tempat aku bekerja mengalami masalah financial yang cukup serius. Tepatnya di bulan Juni para karyawan mulai merasa galau karena memang desas desus PHK sudah mulai terdengar. Aku juga termasuk orang yang kebawa galau, cuma saat itu aku langsung putar otak, cari lowongan di tempat lain, meskipun pengumuman resmi dariperusahaan belum keluar. 

Usaha bareng suami yang tadinya  hanya sekedar sampingan, pelan-pelan mulai kita seriusin. Was was pastinya karena waktu itu kita masih ada cicilan wajib, juga buat kebutuhan anak-anak sekolah. Dari sejak pertengahan Juni aku mulai mencari pekerjaan baru, alhamdulillah akhirnya di pertengahan Mei aku diterima di pekerjaan yang baru, dan usaha bareng suamiku juga mulai meningkat. Dan pada akhir bulan Mei 2014, akhirnya perusahaan lamaku resmi collapse, hampir seluruh karyawan dirumahkan. 

Aku percaya setiap kejadian pasti akan selalu ada hikmahnya. Yang penting cara menghadapinya, panik, galau, sedih boleh, tapi sebentar saja, jangan terlalu lama ngebuang waktu sia-sia. Jalan keluar itu dicari.... 

Halo,

Wah, pertanyaannya lumayan berat dan agak nyesek kalau bener kejadian nih!

Jadi kalau yang namanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pastinya kan gak menimpa satu atau dua orang. Perusahaan pun melakukannya bukan tanpa sebab. Ada pertimbangan terkait dana perusahaan yang mengalami defisit dan kerugian hingga melakukan pengurangan sebagian karyawan.

Credit foto: kabarjatim
Credit foto: kabarjatim

Nah, biasanya kabar seperti ini akan cepat menyebar luas ke karyawan kan. Ya kalau memang kita kena PHK juga pastinya kecewa. Tapi gak boleh berlarut. Intinya untuk menghadapi itu harus siap mental dan mulai mencari peluang atau info pekerjaan lain.

Jadi sebelum PHK dijatuhkan, gunakan waktu sebaik2nya, mulai berhati2 dengan penggunaan finansial juga. Aku juga pastinya gak mau berkeluh kesah saja. Aku bakalan segera cari lowongan di tempat lain yang sekiranya ada.sesuai dengan keterampilanmu.

Coba cari info lewat teman, info loker via online, u bisa cari lowongan kerja sementara seperti ikut freelan. Intinya ini untuk menjaga kestabilan finansialmu seketika pasca PHK nantinya. Jadi kamu masih ada pekerjaan cadangan walau itu hanya freelance dengan penghasilan yang mungkin tak terlalu besar dari gajimu sebelumnya di kantor.

Jadi sebaiknya gak berkeluh kesah ya. Memang sih terasa kecewa dan khawatir atas PHK yang menimpa. Tapi life must go on..jadi tetaplah maju dan berusaha untuk cari pengganti kerjaan lain. Karena pastinya ada rencana lain Tuhan buat kita dengan karier baru yang insyaallah lebih baik.

Wah pastinya sedih juga ya kalo termasuk dalam daftar karyawan yang harus di PHK, tapi mau gimana lagi kan, namanya pekerjaan pun kita juga harus prepare for the worst termasuk kena PHK. Kalo aku pribadi sih, mensiasati situasi seperti ini, mungkin kita harus udah prepare dari jauh-jauh hari sebelum hari PHK itu diumumkan dan kita diberhentikan. Biasanya desas desus informasi mengenai PHK besar-besaran suatu perusahaan itu bakal ramai kok dari jauh-jauh hari. Kita juga harus sering update sama kondisi perusahaan tempat kita bekerja, bagaimana performanya, apakah menurun, merugi, sehingga kita bisa prepare hal-hal seperti PHK ini dari jauh-jauh hari.

Nah kalo kita udah sempat dan sering dengar-dengar kabar dan hampir pasti tentang perusahaan yang akan memPHK karyawan, sebisa mungkin sebelum terjadi, untuk banyak mencari lowongan kerja baru, untuk mengantisipasi kita menganggur dalam waktu yang lebih lama kalo seandainya kita kena PHK. Atau bisa juga coba pikirkan dan mulai planning apa yang mau kita lakukan kedepan, misalnya mau membuka usaha, biasanya orang yanh di PHK juga akan mendapatkan pesangon, nah pesangon ini bisa juga kita gunakan sebagai modal awal usaha.

Intinya untuk selalu update seputar keadaan kantor, dan persiapkan banyak hal diawal untuk kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa terjadi ke depannya. Mungkin itu sih kalo aku.

Wah kayaknya perihal PHK ini masih jadi hot issue banget ya di dunia start up. 

Aku adalah tipe orang yang selalu menyiapkan dana darurat. Iya, dana darurat akan sangat sangat membantu ketika dihadapkan pada situasi seperti PHK besar-besaran dan kita terancam menjadi salah satunya. Sebetulnya nggak terlalu perlu di khawatirkan apabila kita dalam keadaan financially stable. Maksudnya adalah kita masih punya aset dan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan hidup selama mencari pekerjaan yang baru. Pada situasi seperti ini dengan adanya side job juga akan amat sangat membantu kondisi keuangan sembari mencari pekerjaan lain. 

Akan jauh lebih baik apabila kita mengetahui berita perihal PHK itu sebelum kita mengalaminya. Dengan ini kita bisa resign terlebih dahulu dan mencari pekerjaan lain. Bagaimnapun PHK itu juga menurunkan value SDM loh. Ketika mendengar berita soal PHK besar-besaran di kantor tempat kita bekerja ada baiknya kita mempersiapkan diri dengan memikirkan hal apa yang akan kita lakukan sambil memersiapkan pengajuan resign. Mungkin bisa berbisnis atau mencari pekerjaan lain di perusahaan yang lebih stabil keadaanya. 

Jika kamu adalah seorang freelancer ada baiknya sambil menunggu pekerjaan baru kamu mengambil project sebanyak-banyaknya namun tetap sesuai dengan kemampuan. Ini akan sangat membantu supaya diri kita tersugesti bahwa kita nggak ngangur kok, kita kerja. jadi nggk terlalu desperate apabila belum kunjung dipanggil untuk interview. 

Meilisa Meii
Urban Farmer Wannabe

Serem sih yaa, tapi masa depan ga ada yang tahu. Dan bukan ga mungkin kita bakal ngalamin hal kaya gitu, jadi emang harus siap mental kalo kerja ikut orang sih hehehe. Dan selama tujuannya untuk kebaikan dan sesuai dengan prosedur, ya mau gak mau kita harus terima. Namanya juga hidup, akan ada banyak kejutan dalam ceritanya. Ya kan? hehehe

Kalo misal aku berada di posisi itu, pasti awalnya shock. Tapi aku akan ngontrol diri aku supaya ga berlarut-larut dan suggest hal-hal positif, aku harus bisa yakinin diri aku sendiri kalo emang ada rencana Allah yang pasti lebih baik dari ini.

Oh iya, aku juga akan berbicara baik-baik sama HRD tentang masalah ini. Bertanya penyebabnya dan mungkin kesalahan yang aku lakuin biar ada bahan evaluasi ke depannya. Ga lupa juga aku bakal minta hak aku sesuai dengan kontrak kerja, misalnya pesangon. Intinya, walaupun berstatus di-PHK, tapi aku ingin tetap menjalani hubungan baik dengan kantor itu, juga dengan orang-orangnya. Setelah itu, tentu aja aku ga boleh lama-lama galau dan harus nyusun rencana ke depannya, entah itu banting setir buka usaha sendiri ataupun lamar ke tempat lain. 

Rizka Fauzia Ohorella
Analis QA/QC & side job seeker

Hm kalau aku ditanya pertanyaa ini satu atau dua tahun lalu, aku akan bingung mau menjadi apa atau apa yang harus aku lakukan setelah dipecat. Namun, karena aku menjawabnya tahun ini, maka yang akan keluar dari bibirku adalah aku akan pulang ke kampung halamanku dan membuat usaha disana.

Mengapa? Karena aku ingin mendampingi orang tua ku, terlebih mama, yang tak lagi muda dan au tak ingin masa tua nya maki sepi karena anak-anak beliau sudah mulai merantau dan mencari kehiudpan mreka masing-masing. Aku memikirkan untuk membuat usaha makanan sehat, seperti salad buah untuk kemudian dijual ke sekolah-sekolah. Harga tentunya disesuaikan dengan kantong anak sekolahan ya. Ada pula beberapa jenis pekerjaan yang sempat terlintas di kepalaku untuk di eksekusi bila nanti aku pulang ke rumah.

Salah satunya adalah dengan membuka laundry karena di daerahku belum ada jasa laundry. Kemajuan desa ku yang sangat pesat beberapa tahun belakangan membuatku yakin bahwa jasa laundry akan dibutuhkan oleh orang-orang sekitarku. Uang pesangon bisa digunakan sebagai modal awal membuka usaha. Karyawan belum perlu menurutku karena awal membuka usaha masih bisa aku tangani sendiri. Apalagi aku sudah tak ada kegiatan lain dirumah. Tempat membuka usaha bisa dilakukan di depan rumah karena rumahku tergolong strategis karena berada di pingir jalan utama.

Seandainya kantor tempatmu bekerja akan terjadi PHK dan kamu termasuk yang akan dirumahkan, apa yang akan kamu lakukan?
id.carousell.com6

Mungkin itulah khayalan yang bisa aku bagikan untuk menjawab pertanyaan ini. Terima kasih sudah membaca.

Hi GWC,

Wah kalau aku sampe kena PHK pasti sedih banget sih, karena gaakan dapet uang fix tiap bulan lagi, apalagi dimasa pandemik covid 19 ini pasti akan sulit mencari kerja yang baru, dikarenakan banyak perusahaan yang memang mendapatkan profit jadi mengorbankan karyawannya untuk di PHK.

Dana candangan itu kunci penting sih disaat pandemik seperti sekarang terjadi. Dan seharusnya sewaktu masih kerja udah rajin menabung, supaya worse case kayak gini bisa dihadapin sementara.

Untuk tindakan jangka panjangnya mau ngga mau harus tetap usaha untuk mencari pekerjaan baru lewat aplikasi job search online, dan sambil dibawa doa, semoga masa-masa kelam ini cepet kelar.

Sambil menunggu panggilan dari perusahaan baru, mungkin bisa sambil sidejob ntar jualan makanan online, atau jadi freelancer online.

Isvi Mega Kurnia
Product Marketing Executive and Freelancer

Wah, sedih banget pastinya.

Apalagi, kalau tabunganku masih belum mencukupi untuk hidup sampai aku kembali dapat pekerjaan. Pasti akan pusing banget dan stress banget, terlebih aku orangnya gampang panik.

Tapi, kalau memang harus terjadi, aku harus segera mencari pekerjaan tetap lainnya. Sambil menunggu, aku akan apply beberapa job freelance juga, agar aku tetap bisa melanjutkan hidup tanpa pekerjaan tetap untuk sementara.

Intinya, aku akan memutar otak dengan keras dan berusaha melakukan apapun agar tetap bisa menyambung hidup, hahaha. Aku percaya, rezeki nggak akan datang sendiri kalau nggak dicari, tapi setiap orang juga pasti punya rezekinya masing-masing.