Lewati ke konten utama
Pertanyaan
Banting Setir
Girl We Can
Moderator
Membuat pertanyaan baru saja

Apa saja bidang yang harus dikuasain saat banting setir?

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Bidang yang dikuasai saat banting setir yang pasti adalah bidang yang ingin kita tuju. Misalnya nih Kania tadinya adalah seorang hr requirement di sebuah perusahaan. Dengan beberapa pertimbangan dia ingin banting setir ke dunia pendidikan. Menjadi seorang konsultan pendidikan di sebuah platform bimbel online. Pastinya yang harus dikuasai oleh Kania adalah bidang pendidikan secara keseluruhan. Bagaimana dia menganalisis kurikulum yang ada, permasalahan yang dihadapi siswa, tantangan yang dihadapi guru dsb. 

Mengutip dari Future of Jobs Report, World Economic Forum 2016 sebetulnya ada 10 skills yang harus dikuasai milenials dalam menghadapi perubahan zaman. Menurut pengamatan aku anak muda di era ini punya banyak kesempatan untuk mencoba eksplor hal-hal baru yang artinya ada banyak kesempatan untuk banting setir. Nah ini adalah skill yang harus dipunyai agar bisa menghajar semua tantangan yang ada di era milenial ini 

  1. Complex problem solving. Ini adalah kemampuan paling dasar karena akan sangat berguna ketika kita dihadapkan pada situasi sulit. Menguasai skill ini akan sangat membantu menghadapi permasalahan yang ada.
  2. Critical thinking. Selain untuk menghindari hoax yang beredar, critical thinking ini sangat membantu untuk kita menemukan fakta yang menarik yang mungkin bisa digunakan untuk membantu pekerjaan kita.
  3. Creativity. Ini udah nggak asing lagi sih kita dituntut untuk bisa menghasilkan ide ide yang inovatif dan berguna di masa yang akan datang.
  4. People management. Pada intinya kalau kita berhasil memanajemen diri sendiri dengan baik, maka akan dengan mudah untuk kita me manajemen orang lain. Kita harus tau kalau orang tuh punya karakter yang berbeda. Dari situ kita bisa belajar untuk memberikan treatment yang berbeda pada setiap orang sesuai karakternya.
  5. Coordinating with others. Era kompetisi itu udah hampir kita tinggalkan. Kita mulai memasuki era kolaborasi. Jadi kemampuan ber koordinasi ini sangat sangat penting dan harus dimiliki semua orang di masa yang akan datang.
  6. Emotional intellegence. Pengendalian emosi yang buruk dapat berakibat fatal dan mempengaruhi kesehatan mental kita. Dengan mental yang sehat pasti semua skill ini bisa dilakukan dengan mudah.
  7. Judgement and decision making. Sebagai generasi yang memiliki pendidikan yang unggul tentu saja kemampuan melakukan penilaian dan membuat keputusan juga sangat diperlukan. 
  8. Service orientation. Berorientasi pada pelayanan terhadap orang lain merupakan kemampuan yang juga harus kamu miliki. Tanamkan dalam mindset-mu untuk melayani dan membantu orang lain bukan sebaliknya.
  9. Negotiation. Kemampuan negosiasi yang baik sangat dibutuhkan, terutama saat ingin melakukan kerjasama bisnis dengan perusahaan lain. Kamu harus pandai menyakinkan orang lain untuk percaya terhadap apa yang telah kamu katakan.
  10. Cognitive flexibility. Keterampilan cognitive flexibility bisa dilatih kepada anak-anak atau orang dewasa untuk bereksplorasi dengan pengalaman-pengalaman baru dan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Keterampilan ini akan membantumu menghadapi permasalahan hidup dengan cara yang kreatif untuk menyelesaikannya. Kamu akan terbiasa dengan tantangan-tantangan yang belum kamu alami sebelumnya
  11.  

 

Tini Agustin
Event Creator & Marcom

Saat memutuskan untuk banting setir, kalo aku sih memantapkan dulu perusahaan yang memang ingin aku tempatin, tanpa meninggalkan perusahaan yang sedang aku kerja. Aku ga suka ambil resiko untuk masa transisi. Selain itu aku juga mulai mencari dan membangun koneksi, ini gunanya supaya kita bisa dapat info dari perusahaan yang sedang kita incar. Punya kenalan pimpinan di perusahaan lain juga penting, karena ini dapat memudahkan kita mencari pilihan yang tepat. 

Banting setir tidak hanya kita pindah rumah kerja, tapi juga harus dilihat jenjang karier yang kita cari. Kalau aku pribadi akan mencari perusahaan yang memang dia sedang membutuhkan posisi yang lebih tinggi dibanding pekerjaan yang sedang dijalani. Selain, karier kita juga jelas masalah cuan juga sudah pasti akan berbeda. Dan pastikan tempat yang baru dapat membuat kamu belajar tentang hal baru. Cari tahu juga fasilitas apa saja yang mendukung pekerjaan kamu ditempat yang baru. 

Berusahalah untuk menjadi orang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan orang baru. Ini berarti mental kita harus disiapkan dan tahan banting hehe... setiap lingkungan baru membutuhkan kerja keras untuk kita beradaptasi. Jangan pernah mengharapkan lingkungan baru yang menyesuaikan dengan diri kamu. It will never happen!!

Jangan lupa pastikan juga status pegawai kamu ditempat kamu. Ini adalah hal penting, karena hal inilah yang akan membuat kamu mengetahui apakah perusahaan ini dapat kamu andalkan untuk masa depan karir kamu atau tidak. 

Aku coba jawab ya disini. 

Terkait bidang disini lebih bergantung sama apa yang ingin kamu tuju. Kalau kamu sendiri gak punya tujuan ketika mau banting setir, ya harus dipikirkan baik-baik. Biasanya orang yang mau banting setir itu kan karena punya kelebihan dalam bidang tertentu. Misalnya saja kamu seorang karyawan di sebuah perusahaan, tapi kamu punya keahlian lain di bidang kuliner atau sebagainya.

Credit foto: istockphoto
Credit foto: istockphoto

Nah, karena melihat ada kesempatan jadi kamu pilih banting setir jadi pedagang makanan. Yang pasti namanya merintis dari bawah harus pakai kesabaran ya. Kecuali kalau kamu merintis usaha tersebut dalam waktu yang bersamaan saat masih bekerja di kantor, terus saat usaha sudah berkembang kamu memutuskan untuk resign dari perusahaan tersebut.

Gak cuma itu aja, kamu juga harus berusaha buat jadi orang yang lebih mudah beradaptasi. Soalnya apapun pekerjaan yang bakalan kamu jalani membutuhkan skill sosialisasi yang baik. Contohnya aja kamu banting setir jadi pedagang makanan atau baju, sudah pasti kamu perlu memasarkan dagangan tersebut pada orang lain bukan?

Baik dari mulut ke  mulut atau melalui media sosial. Semua itu memerlukan komunikasi yang baik. Jadi, sebelum banting setir lihat dulu keahlian apa yang kamu punya. Lalu jangan lupa untuk mengecek pasarannya kalau dijual. Kalau kamu memang masih bekerja sebagai karyawan, tak apa lho merintis usaha pula. Saat usaha sudah mulai maju dan kamu ingin resign maka sah-sah saja.

Sebenarnya menurut saya kalo untuk bidang atau skill apa yang harus dikuasai ketika memutuskan banting setir itu harusnya gaakan jauh beda dari apa yang sudah kita miliki ya. Kalo saya pribadi walaupun berniat banting setir dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, tentu akan memilih pekerjaan yang mana saya mampu dan saya sudah memiliki skill atau pernah di bidang tersebut untuk menjalani pekerjaan saya yang baru. Ini juga tergantung dari pekerjaan apa yang akan anda tuju nantinya.

Sebagai contoh aja misalnya, saat ini misalnya anda bekerja sebagai seorang admin data entry di suatu perusahaan, tentu anda harus baik dalam mengoperasikan software seperti microsoft excel dan lainnya. Lalu anda berkeinginan resign dan melamar menjadi sales marketing, ini tentu bidang baru dan pasti butuh skill yang berbeda juga. Skill yang dibutuhkan tentu akan berbeda apabila anda melamar pekerjaan baru sebagai staf akunting.

Bila anda memutuskan untuk bekerja sebagai sales marketing, maka anda perlu untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, anda harus melatih skill public speaking yang anda miliki yang mungkin selama ini tidak anda gunakan ketika anda bekerja sebagai admin data entry. Anda juga harus melatih kemampuan customer service anda, karena nantinya anda akan banyak bertemu dengan para pelanggan apabila anda menjadi seorang sales marketing. Skill negosiasi juga harus anda tingkatkan, bagaimana nanti anda dapat meyakinkan para pelanggan tentang apa yang anda katakan.

Jadi memang skill yang harus dimiliki sebisa mungkin pada saat banting setir itu harus anda miliki terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk masuk ke pekerjaan lain.