Lewati ke konten utama
Girl We Can
Moderator
Membuat pertanyaan baru saja

Kegiatan atau hal apa yang paling menguras keuanganmu di 2019 ini dan gimana cara kamu menghadapinya? 🤔

Punya pertanyaan seputar karir, bisnis, jurusan kuliah, tips merawat diri, dan problema kehidupan lainnya, Beb? Lemparkan pertanyaanmu di sini, dan mungkin pertanyaanmu akan dijawab oleh para perempuan hebat lainnya yang punya pengalaman serupa!

Meilisa Meii
Urban Farmer Wannabe

Hm apa yaa. Kayanya transportasi sih heheh. Soalnya aku ga punya kendaraan pribadi trus di 2019 aku suka banget ikut workshop / event yg hampir semuanya di luar kota. Jadi aku banyak ngabisin uang buat transportasi ke sana sih kak.

kegiatan nongki akakakaka karna nongki pasti jajan, jadi sekarang nongkinya milih hari. kalau sabtu main, berarti minggunya enggak. tapi kadang masih main juga pas minggu hikzzz

Rizka Fauzia Ohorella
Analis QA/QC & side job seeker

Kalau diminta flashback ke tahun 2019, aku mengahbiskan banyak sekali tabungan yang aku kumpulkan dan dapatkan di tahun 2018. Tabungan itu aku gunakan untuk membeli beberapa barang yang aku inginkan sejak awal tahun 2018, yaa walupun nominalnya nggak terlalu besar sih. Tahun 2019 itu aku merenovasi rumah tempatku lahir, dimana mama, papa, dan nenek dari mamaku tinggal.

Awalnya aku menganggarkan bahwa pembenahan rumah hanya akan menghabiskan sekitar Rp 4.000.000,00 untuk membeli keramik, semen dan wastafel serta beberapa perintilan untuk kamar mandi. Ternyata renovasi rumah itu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Alhasil aku merogoh kocek lebih dalam dan masih harus menyisihkan sebagian uang gaji.

Hampir tiap habis gajian aku harus mengeluarkan uang sekitar Rp 300.000,00 selama beberapa bulan. Uang tersebut digunakan untuk membeli tambahan semen, kayu untuk mengganti rangka atap dan beberapa hal lainnya. Dan juga masih harus membayar upah tukang dan asisten tukang yang diluar perkiraan.

Ditambah lebaran tahun 2019 reuni keluarga diadakan dirumah. Lengkap kan? Hahaha. Perjuangan keras sih bahkan sampai akhir tahun 2019 saldo tabunganku Rp 0 wkwk. Antara sedih dan senang sih. Tetapi kerja keras itu berbuah manis sih dengan melihat rumah tempat tinggalku dari kecil sudah menjadi lebih bagus, lebih rapi dan acara reuni dirumah bejalan dengan lancar. Semua masih harus disyukuri, kan?

Yang paling menguras itu jajan sama kopi. Parah banget aku tahun lalu kalau jajan sama beli kopi tuh kayak hampir tiap hari wkwk. Soalnya aku tuh bisa tiba tiba BM gitu terus order grabfood atau gofood. Apalagi waktu itu aku liburan satu bulan di jogja wah kalap banget aku sama makanan disana. 

Terus pas udah akhir tahun baru sadar deh duit tinggal dikit karena dipake jajan mulu. Akhirnya pas akhir tahun dirumah aja deh nggak kemana mana. 

Terus pas tahun 2020 ini aku mulai untuk membatasi jajan dan beli kopi. Aku udah jarang banget beli kopi sekarang karena aku lebih memilih untuk bikin dirumah aja karena bikinnya pun gampang banget kalau mau ala ala kafe gitu di youtube banyak resepnya. 

Kalau untuk jajan aku batasi banget dalam satu minggu aku mau makan enak itu cukup seminggu sekali tiap hari sabtu atau minggu aja. Selain hari itu ya aku makan kayak biasa. Terus kalau jajan aku karena lagi pengen diet jadi dikurangin juga jajannya. Aku akan jajan kakau aku udah bener bener sepengin itu. 

Terus yang aku lakuin biar nggak boros juga setiap kali gajian langsung aku pisahin uang yang buat nabung, dana darurat sama kebutuhan aku. Jadi sisanya kan nggak banyak tuh.. dengan sendirinya aku akan irit dan mikir mikir lagi kalau keseringan jajan 

 

 

Tini Agustin
Event Creator & Marcom

Tahun 2019 bisa dibilang tahun yang full pengeluaran buat aku. Terlebih lagi buat usaha baru sih, banyak banget yang kita beli. Dari mulai kendaraan, peralatan masaknya, peralatan kopi, sampe sewa lapak yang lumayan mahal banget. 

Selain itu, di tahun kemaren juga pas banget aku lagi persiapan buat pindahan rumah. Ya maaf kalo ibu rumah tangga mah, laper mata buat menuhin isi rumah, Pengen ganti ini itu, dari sofa, tempat tidur sampe ke alat-alat terkecil di dapur. Udah gitu si furniture ini harus sesuai dengan tema dan warna rumah. Entah kenapa kalau jalan-jalan ke tempat furniture suka sayang kalau ga bisa dibawa pulang hahaha.

Terus lagi pas lebaran diajakin mudik sama suamiku ke Tanjungpinang yang alhamdulillah tiket pesawat bikin mules harganya, pulang pergi aja kita habis 5 juta. Belum lagi kan harus bawa oleh-oleh dari Bandung, terus belanja oleh-oleh juga dari sana. Pengennya sih ditunda, cuma gimana udah 7 tahun ga mudik kasian juga. 

Sisanya sih pengeluaran kebahagiaan yang agak susah direm, ngopi, jajan sama nonton. Kita sekeluarga tuh punya hobby yang sama semua. Jadinya ga weekend ga weekday kalo sempet kita pasti berangkat. Nah pas liat dompet suka jantungan sendiri, makanya untung anggaran wajib yang lain memang udah dipisahin. Terus untungnya juga aku ga begitu hobby beli baju atau kosmetik gitu kalo ga butuh-butuh banget. Hanya saja jiwa nongki itu suka memberontak tiba-tiba.... haha

Oke, mari kita flashback keuangan di tahun 2019. Kalau menurut aku 2019 itu sesuatu banget. Keuanganku ketika otu terbilang masih stabil karena kontrak pekerjaan online masih banyak yang jalan. Meski ada juga yang menurun tapi ada juga yang lain sebagai gantinya.

Kalau soal pengeluaran sih aku pribadi gak banyak dan standar aja sepanjang tahun kemarin karena masih getol nabung untuk sebuah cita2 plus ada tabungan yang sengaja disisihkan. Nah tapi ada teman yang tahun kemarin alami ujian berat bahkan butuh juga bantuan finansial. Nah tentu saja sebagai teman gak bisa diam untuk itu. Alhasil tabunganku pun melayang karena memang bagiku itu dana gak sedikit. Tapi tak mengapa sih meski itu dana2 gak balik secara langsung. Pasti akan ada rejeki lain yang bakal datang dari berbagai arah yang gak disangka2.

Selain itu, terkadang uang itu juga ngalir gitu aja seolah gak berbekas. Misal nih, kalau pas ngumpul bareng teman-teman. Apalagi kalau punya teman yang doyan jajan. Pasti kita juga ditarik buat ikut jajan kan.

Plus ada lagi nih menjelang akhir tahun, dana juga membengkak buat belanja online. Mata jadi suka kalap kalau lihat barang diskonan apalagi kalau ada promo gratis ongkir di marketplace. Pastinya aku bakalan buru-buru nyerbu belanja online. Tapi percaya atau enggak, pengeluaran yang aku keluarkan di tahun 2019 juga berujung mendapatkan gantinya dengan beberapa job di awal tahun sebagai pemasukan. Alhamdulillah deh pokoknya.

Jadi intinya, apapun itu jalani saja..ikuti alurnya. Insyaallah akan ada gantinya asal mau berusaha dan tetap bersedekah.