Percaya diri saat menghadapi pilihan sulit

Setuju gak beb kalau hidup itu tentang memilih? Mau gak mau, suka gak suka tentu kita bakalan dihadapkan dengan keputusan yang sama-sama berisiko. Pilihan lain pun serasa gak ada. Hanya ada dua pilihan. Take it, or leave it. Dari kedua pilihan itu, keduanya memiliki konsekuensi masing-masing yang membuat kita harus berkorban.

Lantas, pilihan mana yang harus kita ambil, beb? Gimana kita bisa mengambil keputusan sulit ini dengan tetap tenang dan percaya diri? Dulunya, aku pernah dihadapkan pada prioritas yang berdampak bagi banyak orang. Aku membutuhkan waktu lama untuk mengambil keputusan ini. Semua serba membingungkan.

Apa yang aku lakukan selanjutnya adalah bertanya dengan orang-orang yang lebih dulu berpengalaman. Terutama dalam situasi yang pernah aku hadapi saat itu. Pengalaman dan saran orang lain bisa dijadikan pertimbangan, beb. Kalau mereka berhasil menyelesaikan dengan baik kita bisa mempelajari cara itu. Namun, jika mereka gagal, kita dapat menyelesaikannya dengan opsi yang lain.

Selanjutnya adalah mengukur risiko yang terjadi dengan memperhitungkan kemampuan sendiri. Apakah aku memerlukan bantuan pada situasi ini? Jika masing-masing pilihan keputusan sudah kita pahami benar-benar risikonya dan siap menghadapinya, kita bakalan mantap dan percaya diri untuk mengambil keputusan apapun. Jadi, persiapkan sebaik-baiknya agar tetap merasa tenang dan percaya diri dalam situasi apapun, ya!

-ditulis oleh Christine Berliana