Hmm...ngerasa gak sih semakin kita tumbuh dewasa, tuntutan dalam hidup juga makin besar?
Β 

Entah itu masalah karir, finansial, percintaan yang sampai ngaruh banget ke kehidupan. Kalau aku lagi ngerasain hal ini nih dan aku sadar buat bisa ngelaluin semuanya kita harus punya sikap yang mandiri dan kuat. Kenapa? ya pada akhirnya kita cuman bisa ngandelin kemampuan diri sendiri buat bertahan.


Sayangnya kadang numbuhin rasa ini tuh susah banget..

Β 

Emang sifat ini tuh perlu dilatih dan harus dibiasakan. Setelah baca beberapa artikel, ternyata kita bisa mulai dari menghargai diri sendiri dulu. Ini yang lagi aku lakukan, dengan menghargai diri sendiri jadi ngelatih aku buat gak terlalu mikirin omongan orang yang berusaha menjatuhkan. Ya, namanya juga hidup, ada aja yang gak suka yang seringnya bikin aku jadi drop. Setelah dipikir mungkin aku jadi gampang drop soalnya aku sendiri belum bisa ngehargain diriku sendiri. Dan aku terima aja gitu pas orang lain ngerendahin aku. Padahal kalau gak mulai dari aku sendiri yang ngehargai, mau siapa lagi?Β 

Dan ternyata dari menghargai diri sendiri ini juga bikin aku jadi lebih percaya diri. Percaya sama kemampuan sendiri dan berani menentukan langkah apa yang aku mau. Dulu, aku selalu ikut-ikutan orang kalau nentuin keputusan. Ujung-ujungnya? Cuma berasa nyiksa diri. Kalau udah pede jadinya gak bergantung sama orang lain dan jadi terbiasa mandiri. Tapi bukan berarti gak nerima masukan dari orang lain juga, karena menurutku menerima kritik dan saran itu penting buat ngembangin diri. Buat pola pikir aku jadi lebih luas dan ngelatih mental jadi lebih kuat. Jadi gak gampang baperan yang apa-apa selalu masukin ke hati. Soalnya dulu aku kaya gitu hehe. Yang aku rasain kalau mentalku kuat, tekanan apapun bisa dihadapi jadi lebih tenang.Β 

Oh iya, selalu sabar sama nikmatin prosesnya itu juga jadi yang terpenting sih. Apapun proses yang dilalui entah itu masalah kerjaan, nunggu jodoh yang gak dateng-dateng, mau coba buka usaha baru. Sabar itu jadi kunci utama. Ambisius sih boleh tapi jangan sampai sifat itu malah jadi bumerang buat diri sendiri.Β 

Apalagi zaman sekarang yang kayanya perempuan juga harus serba bisa deh, ya kalau bukan kita sendiri yang ngelindungi diri sendiri siapa lagi?