via
via freepik.com/lookstudio

Banyak yang bilang, di saat ada pertemuan, di situ akan ada perpisahan. Kamu setuju gak, beb? Saat bertemu awalnya kita bakalan melihat-lihat situasi dulu. Hingga akhirnya, secara gak sadar kita merasakan kenyamanan. Saking nyamannya, kita gak ragu buat menampakkan diri kita yang sesungguhnya apa adanya. Giliran sudah akrab, waktu yang memisahkan. Perpisahan yang gak diinginkan akhirnya datang.

Aku pernah merasakan kesedihan ketika harus berpisah dengan teman-temanku. Saat masih duduk di bangku kelas 6 SD misalnya. Aku termasuk orang yang membutuhkan waktu untuk berteman. Giliran cocok, kami akhirnya berpisah karena temanku ini melanjutkan sekolah SMP di luar kota.

Begitu pula saat memasuki bangku SMP - SMA - dan kuliah. Berkenalan - Adaptasi - Akrab - Berpisah. Seakan kita ditakdirkan untuk bertemu namun berpisah kembali. Banyak orang yang datang dalam kehidupan kita namun pergi. Bahkan, perasaan kehilangan seperti ini ternyata masih aku rasakan setelah memasuki dunia kerja. Terutama, saat bertemu dengan rekan yang rasanya udah ‘klik’ banget.

Meski datang dan pergi, disisi lain aku bersyukur dipertemukan dengan mereka. Baik orang yang menyenangkan maupun yang menyebalkan sekalipun. Setidaknya, dengan bertemu orang-orang ini aku bisa merasakan banyak hal. Sedih, kecewa, gembira, dan kebahagiaan. Semoga, kita selalu dipertemukan dengan orang-orang yang membuat kita menjadi lebih baik di setiap waktu, ya.