Terjun ke dunia kerja sedikit banyak menuntut kita untuk berani tampil di depan umum. Hal ini juga berlaku buat anak baru. Bahkan gak jarang momen ini jadi ajang pembuktian kalau kita memang layak direkrut sama perusahaan. Bukan cuma saat meeting, memaparkan pekerjaan lewat presentasi pun menjadi hal yang gak bisa lepas dari kehidupan profesional kita sebagai karyawan. Buat sebagian orang, ini bukan masalah besar. Tapi buat yang gak terbiasa tampil di depan banyak orang, perkara ini bisa bikin cemas semalaman. Agar rasa nervous atau grogi gak mengacaukan segalanya, kamu yang sedang belajar melakukan presentasi bisa mencoba melakukan hal-hal berikut ini.

Nggak perlu panik, persiapkan dulu presentasimu

Meski diminta mendadak, jangan biarkan rasa grogi membuat kamu panik menghadapi presentasi yang harus dilakukan. Tenang dan ambil nafas pelan-pelan. Agar materi presentasi bisa tersampaikan dengan jelas dan menarik pada audiens, cobalah fokus mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan maksimal sehari sebelumnya. Kamu bisa mulai dengan memetakan masalah dan berlatih tanya jawab di rumah. Setelah itu baru persiapkan materi presentasinya sebaik mungkin. Mau tahu langkah-langkah persiapannya yang lebih lengkap? Kamu bisa ikuti caranya di artikel ini.

Ingin tampilan presentasi yang berbeda? Cari saja bahannya di sini

Agar audiens gak bosan saat mendengarkan presentasi yang kamu lakukan, coba sajikan materinya dengan layout powerpoint yang menarik. Ini akan membantu menarik perhatian mereka agar fokus sama materi yang sedang kamu sampaikan. Tahu sendiri kan, mendengarkan orang bicara sambil melihat tampilan layar yang monoton itu membosankan? Untuk menghindari hal ini, jangan terlalu banyak menyajikan tulisan dalam satu slide dan berikan komposisi yang pas antara tulisan, infografis, dan warna agar gak terlihat bertabrakan. Jangan takut ribet, karena untuk mendukung tampilan presentasi yang oke, kamu bisa menggunakan template gratis dari website-website ini.

Kalau bicaramu terbata-bata, ini yang bisa dilakukan

Merasa belum lihai bicara di depan banyak orang? Sudah berlatih sebelumnya tapi mendadak ngeblank pas presentasi? Semua itu wajar, kok. Soft skill public speaking memang gak menjadi bakat alami setiap orang. Tapi yang namanya demam panggung, grogi, hingga bicara terbata-bata bisa diatasi dengan memperbanyak latihan. Oleh karenanya, cari tahu hal-hal apa saja yang bisa membantumu untuk tidak grogi saat presentasi di depan banyak orang di sini