Banyak orang bilang kehidupan yang sesungguhnya baru dimulai setelah kita lulus kuliah dan menginjakkan kaki di dunia kerja. Bukan cuma harus beradaptasi sama lingkungan baru, kita juga mesti cepat belajar agar bisa menyelesaikan berbagai tanggung jawab yang diberikan perusahaan. Grogi sih, pasti. Tapi dengan persiapan yang tepat, kita bisa masuk ke dunia baru ini dengan kesan terbaik yang kita punya. Gak mau dong, parno duluan malah menghalangi kamu buat berprestasi? Sebagai bekal amunisi persiapan, kita bisa belajar dulu tentang beberapa hal yang akan dihadapi saat pertama kali bekerja lewat artikel-artikel pilihan ini.

Ingat 12 hal ini, yang bisa bantu kamu melewati hari pertama masuk kerja

Sebagai pemain baru, wajar banget kalau kamu masih merasa asing sama kehidupan di dunia kerja. Dinamikanya memang beda jauh sama kehidupan saat di kampus dulu. Tapi ini gak sesusah yang kamu bayangin, kok. Ada banyak tantangan yang jika berhasil dilewati akan membuatmu semakin matang dalam berkarir. Mulai dari kejaran deadline, intrik antar rekan kerja, dan masih banyak lagi. Biar makin percaya diri meski masih berstatus karyawan baru, baca dulu 12 hal ini yang akan membantumu untuk tetap survive sejak hari pertama bekerja.

Ada 4 tipe atasan, apakah salah satunya atasanmu?

Hal pertama yang harus kamu hadapi sebagai anak buah adalah berhadapan sama yang namanya atasan di kantor setiap hari. Jika kamu berada di bawah kepemimpinan yang santai bahkan kayak teman sendiri, selamat. Kamu harus merasa bersyukur karena tipe bos seperti ini akan memudahkan proses kamu dalam bekerja. Tapi kalau atasanmu tipe yang kaku, menjaga jarak, dan sedikit-sedikit bikin tegang, jangan jiper duluan, ya. Selama kita tahu cara membawa diri, atasan tipe apapun bisa kita hadapi dengan baik, kok. Biar hubungan sama atasan berjalan lancar, kenali dulu 4 tipe atasan ini agar bisa menghasilkan output pekerjaan yang memuaskan.

Daripada canggung, kenalan dengan teman sebelah meja pakai 5 tips ini

Kehidupan di kantor gak melulu soal deadline yang harus diselesaikan. Bagaimana kita berteman juga berpengaruh banget sama kenyamanan selama bekerja. Punya teman di kantor itu seru, lho. Selain buat diajak diskusi, kita juga bisa saling support saat menghadapi masalah seputar pekerjaan. Masalahnya sebagai anak baru mungkin kamu masih sungkan buat mulai berkenalan dengan rekan kerja yang sudah lebih dulu ada di kantormu. Gak perlu khawatir, kamu bisa mencoba jalin relasi sejak hari pertama bekerja dengan 5 tips ini.

Nggak ada yang lebih menyenangkan, selain dapat gaji pertama

Yey! Akhirnya setelah berkutat sama proses adaptasi yang lumayan menguras energi, tiba juga momen gajian yang ditunggu-tunggu. Sudah punya rencana apa nih, buat merayakan hasil kerja kerasmu selama sebulan ini? Belanja? Jalan-jalan? Makan di restoran baru yang sudah lama diincar? Eits… daripada habis sama keperluan konsumtif, mending gunakan gaji pertama kamu dengan melihat beberapa saran ini. Selain jadi terasa lebih optimal, gaji pertama kamu juga bakal jadi jauh lebih berkesan.